Jumat, 18 Jan 2019 22:00 WIB

Catatan dari CES 2019

5G Itu Nyata dan Siap Mengubah Dunia

Adi Fida Rahman - detikInet
1 5G Tak Hanya Smartphone
Halaman 2 dari 2
Foto: Adi Fida Rahman Foto: Adi Fida Rahman

Tentu saja 5G tidak sekadar ponsel, implementasinya amatlah luas. Sehingga perubahan tidak hanya terjadi di ranah teknologi saja, bidang lain pun mengalami hal serupa.

"5G tidak hanya menghubungkan orang ke orang, tapi benda ke benda. Jadi akan ada miliaran orang akan terhubung ke puluhan miliar benda yang terhubung," kata Sandra Rivera, Senior Vice President Intel Network Platform Groups.

Di arena CES 2019, Intel mengumumkan Project Athena. Sebuah program inovasi untuk membantu mengantarkan kelas baru laptop canggih memanfaatkan teknologi generasi mendatang, termasuk 5G dan kecerdasan buatan.

Selain itu, Intel mengaku telah memperluas investasi dalam infrastruktur jaringan dengan sistem jaringan on-chip (SoC) yang berbasis 10nm, dengan nama kode "Snow Ridge," yang dikembangkan secara khusus untuk akses nirkabel 5G dan edge computing.

Mobil konsep Audi di CES 2019. Mobil konsep Audi di CES 2019. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

5G turut merambah otomotif membuat membuat kendaraan akan saling terhubung, dan bahkan berjalan tanpa pengemudi (otonom). Intel telah membeli Mobileye, perusahaan mobil otonom pada 2017 silam.

Sementara Audi, Ford, dan Ducati telah mengumumkan kendaraannya akan terpasang Qualcomm 9150 C-V2X. Adanya chipset ini memungkinkan komunikasi antara kendaraan.

5G pun diyakini akan membuat pengalaman AR/VR makin imersif lagi. Sebab 5G memungkinkan lebih banyak pemrosesan VR dan AR diselesaikan di tepi jaringan, sehingga mengurangi latensi.

5G Itu Nyata dan Siap Mengubah DuniaFoto: detikINET/Adi Fida Rahman

Dan efisiensi dan kemampuan jangkauan luas dari jaringan 5G menjadikannya ideal untuk menangani triliunan perangkat IoT yang akan muncul selama 10 tahun ke depan.

Dengan semua perangkat terhubung, pastinya akan merevolusi cara kita makan, tidur, mengemudi bahkan hidup. Jadi siapkah kamu menyambut 5G?

(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed