Rabu, 26 Des 2018 20:37 WIB

Natal 2018, Trafik Data Indosat Naik 74,2% Dibanding Tahun Lalu

Agus Tri Haryanto - detikInet
Logo Indosat Ooredoo. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Logo Indosat Ooredoo. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Selama masa perayaan Natal, pelanggan seluler zaman now jadi semakin mengandalkan layanan data atau internet, ketimbang SMS maupun telepon.

Seperti yang tercatat di jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo, di mana kenaikan trafik data melonjak menjadi 6.824 TeraBytes pada tanggal 25 Desember kemarin.

Trafik tersebut, bila dibandingkan hari biasanya, meningkat sebesar 12,9%. Sedangkan jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, jumlahnya meroket sampai 74,2%.




Sementara untuk trafik suara atau telepon justru mengalami penurunan sebesar 14,86% dibandingkan trafik hari biasa. Sementara trafik SMS naik sebesar 8,4% dibandingkan dengan trafik SMS hari biasa.

"Kami berkomitmen untuk tetap memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat dan pelanggan dalam menggunakan layanan kami, khususnya pada masa-masa padat trafik telekomunikasi seperti perayaan Natal 2018 ini," ujar Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk dalam siaran persnya, Rabu (26/12/2018).

"Hal ini tidak lepas dari upaya kami menyiapkan kapasitas jaringan, mengantisipasi kenaikan aktivitas komunikasi masyarakat, terutama dalam menggunakan layanan data. Kami akan terus memastikan keandalan kualitas layanan kami untuk mendukung aktivitas masyarakat di akhir tahun ini," ucapnya.

Sebelumnya, untuk mengatasi lonjakan trafik telekomunikasi, Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik yang biasa terjadi.




Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya.

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

Masing-masing kapasitas tersebut disiapkan beberapa kali lipat dari prediksi kenaikan trafik yang kemungkinan terjadi dan cukup untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut. Semua kenaikan kapasitas tersebut juga didukung oleh 11.636 BTS secara nasional, sehingga diharapkan mampu melayani 64,1 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.

(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed