Selasa, 09 Okt 2018 07:59 WIB

Jaringan Telekomunikasi di Sulteng Telah Berfungsi 75,65%

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan kondisi jaringan telekomunikasi pascabencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai berangsur membaik. Ada peningkatan hingga 15,65% bila dibandingkan dengan laporan pada akhir pekan kemarin.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan sampai hari ke-10, jaringan telekomunikasi seluler di Sulteng yang berfungsi mencapai 75,65% atau sebanyak 2.662 Base Transceiver Station (BTS) yang aktif.

Kondisi BTS pascabencana gempa dan tsunami di SultengKondisi BTS pascabencana gempa dan tsunami di Sulteng Foto: Kominfo

Untuk menunjang layanan telekomunikasi, pemerintah mengerahkan 64 telepon satelit yang telah didistribusikan melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) ke posko-posko penanganan pengungsi di wilayah Sulteng.

"Petugas dan warga dapat menggunakan telepon satelit tersebut utk koordinasi dan komunikasi percepatan pemulihan pasca-bencana," ujar Ferdinandus.



Disampaikannya juga, dari 19 perangkat internet satelit yang disiapkan BAKTI Kemkominfo sebanyak 11 perangkat yang sudah berfungsi, di mana tersebar di posko-posko di Kota Palu.

"Sebanyak delapan perangkat akan sedang dipasang di Kota Donggala dan Sigi," pungkasnya.




Tonton juga 'Tsunami Palu Matikan Telekomunikasi':

[Gambas:Video 20detik]

(agt/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed