Rabu, 25 Jul 2018 11:30 WIB

Ini Antena Ponsel 5G Bikinan Qualcomm

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kantor Qualcomm. Foto: Istimewa Kantor Qualcomm. Foto: Istimewa
Jakarta - Teknologi 5G sudah mulai merangkak naik ke permukaan. Untuk mendukung jaringan tersebut, Qualcomm merilis sebuah modul antena untuk ponsel dengan jaringan 5G.

Modul antena tersebut bernama QTM052, yang diklaim jadi antena pertama yang mendukung penggunaan spektrum jaringan berkecepatan tinggi untuk ponsel dan mendukung teknologi mmWave.



Kehadiran antena tersebut penting, karena saat ini masih banyak yang harus diselesaikan untuk kehadiran jaringan tersebut, antara lain standardisasi yang disetujui banyak pihak, serta pengembangan modem baru.

Ini Antena Ponsel 5G Bikinan QualcommFoto: The Verge


Dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (25/7/2018), QTM052 sendiri adalah sebuah antena mini yang ukurannya hanya sebesar uang koin. Ada empat antena di dalam modul tersebut, yang bekerja dengan bantuan algoritma Qualcomm dan bisa menemukan BTS 5G terdekat.

Ini Antena Ponsel 5G Bikinan QualcommFoto: The Verge


Desainnya yang kecil membuat QTM052 bisa dipasangkan di bagian bezel ponsel. Saat ini, chip modem yang mendukung modul antena semacam ini adalah X50 5G, yang bisa dipasangkan dengan empat modul ini, artinya mempunyai total 16 antena.



Modul ini disebut sebagai solusi pintar untuk jaringan 5G, juga menjadi pencapaian tersendiri untuk jaringan 5G berbasis teknologi mmWave. Namun Qualcomm memperkirakan perangkat pertama yang menggunakan modul antena ini baru akan tersedia pada awal 2019 mendatang. (rns/rns)