Rabu, 18 Jul 2018 10:47 WIB

Wow! Asian Games akan Pamerkan 5G & Mobil Tanpa Sopir

Adi Fida Rahman - detikInet
Menkominfo Rudiantara saat kunjungan kerja di Puncak Jaya, Papua. (Foto: Adi Fida Rahman/detikinet) Menkominfo Rudiantara saat kunjungan kerja di Puncak Jaya, Papua. (Foto: Adi Fida Rahman/detikinet)
Jakarta - Asian Games 2018 akan dihelat tak lama lagi. Pesta olahraga ini pun bakal dimanfaatkan untuk melakukan uji coba teknologi 5G dan mobil tanpa sopir.

Demikian diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat ditemui usai melakukan kunjungan kerja di Puncak Jaya, Papua, Senin (17/7/3018).

Disebutkan bakal ada dua operator telekomunikasi yang akan melakukan trial 5G. Pertama, Telkomsel di area perhelatan Asian Games 2018. Satu lagi XL Axiata yang rencananya akan melakukan pengujian di kawasan Kota Tua Jakarta.

Untuk teknologinya bakal disokong dilakukan oleh dua perusahan teknologi jaringan terkemuka dunia. Sayangnya, Rudiantara belum mau mengungkap dua perusahaan tersebut.

"Satu dari Korea Selatan, satunya dari Tiongkok," ungkap Rudiantara.

Salah satu bentuk pengujian sendiri akan dilakukan peliputan pertandingan memakai teknologi 5G. Jadi bisa menyaksikan pertandingan lewat teknologi tersebut.

Tapi yang tak kalah menarik, saat uji coba 5G ini akan dihadirkan pula mobil tanpa sopir. Seperti diketahui jaringan 5G memang digunakan untuk mengoptimalkan teknologi otonom di kendaraan.

Pasalnya faktor penentu mobil otonom dapat berjalan adalah kecepatan dalam pengiriman data. Nah, sinyal 5G memiliki kecepatan konektivitas 10 kali lipat dibandingkan teknologi sebelumnya, sehingga memungkinkan pengiriman data dalam volume yang besar dalam waktu cepat.

"Nanti mobil tanpa sopir akan berkeliling di kompleks GBK (Gelora Bung Karno)," kata pria yang kerap disapa Chief RA itu.

WiFi Kencang Gratis

Menkominfo juga menjanjikan pemerintah telah melakukan banyak persiapan jelang Asian Games 2018 yang akan berpusat di Jakarta dan Palembang, termasuk dari sisi infrastruktur telekomunikasi.

Saat ini dari segi aplikasi telah berjalan. Data registrasi yang dilakukan para peserta, baik atlet maupun official, dari berbagai negara lewat aplikasi tersebut sudah banyak masuk.

"Setelah entry by name dan akreditasi, barulah nanti pertandingan dan hasilnya. Mudah-mudahan tidak ada masalah," kata Rudiantara.

Diungkapkannya lagi saat pembukaan nanti, Kominfo akan memberikan kemudahan akses internet bagi masyarakat saat acara pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK). Sehingga masyarakat tidak perlu mengandalkan jaringan seluler ketika mau update media sosial.

"Akan disediakan bandwith 10 Gbps, cadangannya sampai 50 Gbps sih yang disediakan di GBK," kata chief RA.

Kominfo akan menempatkan 400 akses poin di stadion utama GBK. Bilamana dirasa kurang, mereka akan menambahnya lagi.

"Kami harapkan masyarakat menggunakan WiFi. Jadi seluler menjadi cadangan bukan yang utama," pungkas Menkominfo

Konser Torch Relay Asian Games 2018 Bakal Diisi Idol K-Pop? Tonton video selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik] (afr/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed