Sabtu, 09 Jun 2018 05:33 WIB

Operator Siagakan 39.888 BTS Amankan Layanan di Jalur Mudik

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Pool/Waskita Karya Foto: Pool/Waskita Karya
Jakarta - Para operator seluler telah mengatakan bahwa sebanyak 39.888 Base Transceiver Station (BTS) 3G dan 4G dikerahkan untuk pengamanan layanan telekomunikasi di jalur mudik.

Selain itu, para penyelenggara telekomunikasi ini juga mengerahkan mobile BTS sebanyak 310 unit. Begitu laporan operator seluler kepada pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait kesiapan mereka menghadapi momen mudik dan Lebaran tahun ini.

Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli mengatakan dalam menghadapi Lebaran, Kominfo telah meminta kepada operator untuk memfasilitasi layanan telekomunikasi di jalur mudik, termasuk ruas tol baru.



Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, pada pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini terdapat pengoperasian tol baru yang sudah operasional maupun bersifat fungsional. Tol fungsional ini belum dikatakan siap 100%, tetapi dibuka sementara khusus untuk melayani para pemudik.

Tol fungsional yang dimaksud adalah tol Jakarta-Surabaya dengan total panjang 759 km yang terdiri dari ruas tol operasional sepanjang 524 km yang fungsional sepanjang 235 km.

Lalu, ruas tol di wilayah Sumatera dengan total panjang 323,62 km yang terdiri dari ruas tol operasional sepanjang 199 km dan fungsional sepanjang 124,62 km.

Ramli mengungkapkan berdasarkan Kepala Staf Kepresidenan, perpindahan dari jalur fungsional memerlukan perhatian khusus dikarenakan dapat menimbulkan kemacetan.

"Oleh karena itu, kami sudah meminta operator untuk melakukan persiapan dalam mengantisipasi adanya lonjakan trafik pada titik tersebut," ujar Ramli dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/6/2018).



Untuk mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, operator menyediakan 39.888 BTS 3G dan 4G, serta mobile BTS sebanyak 310 di sepanjang jalur mudik.

"Kami saat ini terus melakukan koordinasi yang intens dengan Jasa Marga, Korlantas Polri dan pihak terkait lainnya yang diharapkan dapat membantu operator selular dalam penempatan mobile BTS pada titik-titik yang sudah diprediksi untuk menjadi perhatian," ucapnya.

"Maupun dalam rangka akselerasi perpindahan mobile BTS tersebut dapat meng-cover titik yang belum diprediksi namun perlu segera untuk ditangani," kata Ramli menambahkan. (agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed