Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB

Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: XL Axiata Foto: XL Axiata
Jakarta - Guna menjangkau area pelosok, XL terus memperluas jaringan 4G milik ke berbagai wilayah Indonesia. Area yang dimaksud, yakni daerah-daerah yang relatif cukup sulit dijangkau melalui jalur transportasi, baik itu darat, laut, maupun udara.

Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 376 kota/kabupaten yang terjangkau jaringan internet cepat yang disediakan oleh XL. Keberadaan jaringan internet cepat ini akan menjadi jembatan penghubung bagi masyarakat, industri, dan pemerintah di daerah tersebut.

Group Head Commercial LTE XL Axiata Rahmadi Mulyohartono, menuturkan bahwa perluasan jaringan 4G ini sesuai dengan komitmen XL dalam menghadirkan layanan data yang berkualitas, terutama di luar Pulau Jawa.

"Kami mempertimbangkan berbagai aspek dalam menentukan daerah yang akan mendapatkan layanan internet cepat berikutnya, baik secara teknis maupun tingkat permintaan dari pelanggan atas layanan data yang berkualitas," ujar Rahmadi, Minggu (27/5/2018).



"Diharapkan dengan ketersediaan jaringan internet cepat ini akan semakin mendukung perkembangan aktifitas perekonomian masyarakat setempat, sehingga pada akhirnya juga akan semakin mendorong peningkatan penggunaan layanan data sejalan dengan fokus kami untuk terus memperluas penetrasi layanan data terutama di luar pulau Jawa," tuturnya.

Disampaikan Rahmadi, masyarakat Indonesia semakin membutuhkan layanan internet, terutama untuk akses melalui smartphone. Kebutuhan tersebut telah dirasakan, baik itu untuk kebutuhan sosial maupun sarana pendukung produktivitas. Untuk itu, pelanggan yang belum ter-cover jaringan 4G, kini berharap akses jaringan tersebut hadir di wilayah mereka.

Saat ini, XL fokus penambahan kota/kabupaten baru yang terletak di luar Pulau Jawa, sebab semua kota/kabupaten di Pulau Jawa sudah terselimuti oleh jaringan generasi keempat tersebut. Sementara itu, jumlah Base Transceiver Station (BTS) 4G secara total yang dibangun oleh XL mencapai lebih dari 22 ribu unit BTS, dengan total jumlah pelanggan 4G di angkat 30 juta.

Perluasan Layanan 4,5G

Di samping memperluas akses jaringan 4G, operator yang identik warna biru ini juga melakukan perluasan jaringan 4,5G. Sampai sekarang, XL mengklaim sudah lebih dari 100 kota/kabupaten yang sudah menikmati layanan internet hingga 100 Mbps itu.

Penerapan layanan 4,5G tersebut, XL menggunakan teknologi Carrier Aggregation, 256 QAM, serta 4T4R 4x4 MIMO. Disebutkan, penerapan semua teknologi tersebut ditunjukkan untuk memberikan layanan data dan internet yang lebih stabil, kapasitas lebih besar, dan meningkatkan kecepatan akses yang lebih baik.



Perluasan infrastruktur jaringan layanan data akan terus dilakukan XL sejalan dengan fokus perusahaan untuk terus mendorong perkembangan dan pertumbuhan penggunaan layanan data di masyarakat sebagai kontributor utama untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan.

Saat ini jumlah pelanggan XL mencapai sekitar 54,5 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 76% dari total pelanggan, yang didukung dengan infrastruktur jaringan sebanyak lebih dari 105 ribu BTS termasuk lebih dari 68 ribu BTS data (3G & 4G) di berbagai wilayah di Indonesia serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km.

Sedangkan, untuk jangkauan layanan data (3G & 4G) XL juga telah melayani sekitar 422 kota/kabupaten di Indonesia. (agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed