Rabu, 13 Sep 2017 08:08 WIB

Satelit Telkom 1 Mati

Telkom Pastikan 5.000 ATM BCA Kembali Online

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance Ilustrasi. Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta - Berbeda dengan yang lainnya, ATM perbankan milik BCA mempunyai tenggat waktu yang lebih panjang agar bisa berfungsi kembali. Maka dari itu, masih ada ATM BCA yang masih offline pada 10 September kemarin.

Seperti diketahui, 10 September merupakan tenggat waktu yang ditargetkan oleh Telkom, di mana layanan yang terkena dampak dari anomali satelit Telkom 1 bisa pulih kembali. Sementara itu, ATM BCA pemulihan secara keseluruhannya itu terjadi sehari selanjutnya.

Telkom 1 yang melayani 15.019 site yang diantaranya 11.574 site layanan ATM dan 3.445 site non-ATM. Dari 11.547 site layanan ATM tersebut, 5.700 site merupakan ATM BCA.

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan pihaknya sudah berkoodinasi dengan para pelangganya dari perbankan. Disampaikannya, perbankan juga memiliki proses tersendiri bila terjadi situasi ATM offline seperti beberapa hari lalu.

"Dengan pernyataan off, prosedur mereka semua uang yang ada di ATM harus diambil. Pada saat konvektivitas normal, butuh waktu karena mengisi uang hingga setting mesin ATM kembali sehingga butuh waktu agar layanan normal kembali," sebut Alex di Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Alex melanjutkan koordinasi dengan pelanggan perbankan ini beda-beda waktu rampungnya pemulihan layanan, ada yang sudah sejak 7 September tapi ada juga yang lebih dari tanggal tersebut.

"Terakhir BCA itu ada 5.000-an ATM. Mereka mengatakan konektivitas sudah selesai tapi butuh proses mengaktifkan layanan ATM, termasuk yang uang diambil kemudian diisi kembali. Sejauh ini kami telah mendapatkan informasi kalau BCA menambah satu hari dari tanggal 10 (September), jadi tanggal 11 (September) seluruh layanan ATM telah pulih kembali," tutur Alex.

Telkom menyatakan telah berhasil memulihkan layanan 100%, baik dari sisi pengganti transponder hingga repointing atau konektivitas sampai ke end user sudah tuntas pada 10 September 2017.

"Atas keberhasilan ini, Telkom mengucapkan banyak Menkominfo Rudiantara yang telah mendukung proses recovery selama ini. Kami juga menyampaikan terima kasih Kementerian BUMN, YLKI, BRTI, pelanggan terutama dari VSAT provider, dan rekan-rekan media," kata Alex.

(yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed