Jumat, 08 Sep 2017 16:35 WIB

Anomali Satelit Telkom 1

Dari 11 Ribuan ATM Offline, Sudah 9.209 Pulih

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi (Foto: Gettyimages/Uriel Sinai) Ilustrasi (Foto: Gettyimages/Uriel Sinai)
Jakarta - Telkom terus mengejar pemulihan seluruh layanan yang terkena imbas dari anomali satelit Telkom 1, terutama yang menyebabkan layanan ATM offline sehingga masyarakat tidak bisa bertransaksi.

Secara keseluruhan, dari total 63 pelanggan yang mengalami dampak anomali Satelit Telkom 1, Telkom telah merampungkan service recovery bagi 54 pelanggan, termasuk sebagian besar pelanggan layanan perbankan.



Dua hari menjelang waktu tenggat atau tepatnya 10 September target pulihnya seluruh layanan Telkom 1, Telkom telah menghidupkan kembali sekitar 80% ATM, dari total 11.574 ATM. Artinya, ada 2.366 ATM lagi yang dikebut untuk online dalam dua hari ke depan.

"Khusus untuk layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) ATM perbankan, Telkom telah memperbaiki sekitar 80% site atau sebanyak 9.209 sites dari total target pemulihan sebanyak 11.574 sites layanan ATM," ujar Telkom dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/9/2017).

Dari 11 Ribuan ATM Offline, Sudah 9.209 PulihFoto: Telkom


Sebelumnya, terhitung pada Kamis (7/9/2017) perusahaan BUMN ini menyampaikan penyelesaian repointing antena ground segment mencapai 81%, artinya dari total 15.000 sites, sekitar 12.125 sites telah normal kembali. Untuk site layanan ATM, Telkom telah memulihkan 8.975 sites dari target 11.574 sites, atau dapat dikatakan 78% site ATM telah pulih.

Pasca ditemukannya masalah pada Telkom 1, Telkom terus memantau proses pengerjaan repointing antenna ground segment di berbagai titik di seluruh Indonesia. Hingga Kamis malam (7/9/2017), Telkom telah memastikan 82% site pelanggan berhasil dipulihkan. Artinya, sebanyak 12.311 sites pelanggan telah kembali normal dari total 15.000 sites pelanggan yang terkena gangguan.

Di luar layanan ATM, Telkom saat ini berupaya maksimal menyelesaikan sisa sites layanan yang sebagian besar berlokasi di wilayah Timur Indonesia dengan kondisi geografis yang sulit dijangkau, seperti di daerah perbatasan, pedalaman, dan kepulauan terpencil.

Namun demikian, Telkom telah membentuk dan meluncurkan tim khusus ke lokasi-lokasi tersebut, sehingga proses pemulihan seluruh sites dapat tetap berjalan sesuai target yang telah ditentukan.

"Dengan progres pemulihan layanan yang sejauh ini berjalan stabil dan totalitas seluruh petugas di lapangan, Telkom optimis mampu mewujudkan komitmen penyelesaian seluruh sites layanan pelanggan dalam 2 (dua) hari ke depan," sebut Telkom.

Jumat (25/8/2017), Telkom 1 dilaporkan mengalami gangguan. Hal ini ditandai dengan hilangnya sejumlah siaran yang ditangkap lewat parabola. Tidak lama berselang, jaringan ATM dalam negeri pun offline.

Sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas kualitas layanan kepada pelanggan, Telkom saat ini melakukan recovery layanan transponder dengan mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lainnya. (rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed