Rabu, 06 Sep 2017 08:01 WIB

2.000-an Teknisi Telkom Begadang Demi Pulihkan Layanan ATM

Agus Tri Haryanto - detikInet
Dirut Telkom Alex J. Sinaga dan Menkominfo Rudiantara. Foto: detikINET/Yudhianto Dirut Telkom Alex J. Sinaga dan Menkominfo Rudiantara. Foto: detikINET/Yudhianto
Jakarta - Telkom telah memulihkan 66% ATM yang mengalami offline pasca anomali satelit Telkom 1 pada Jumat (25/8/2017). Gerak cepat pemulihan layanan ini membuat para teknisi andalan Telkom harus begadang.

Begitu yang diungkapkan oleh Direktur Utama (Dirut) Telkom Alex J. Sinaga dihadapan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat memantau langsung proses pemulihan layanan di crisis center, Gedung Graha Merah Putih, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Alex menceritakan demi segera memulihkan layanan Telkom 1 ini, pihaknya mengerahkan 2.195 teknisi andalannya di seluruh Indonesia.

"Kami harus akui pak, rata-rata dari 2.000 orang ini itu kurang tidur. Tapi kehadiran bapak (Rudiantara) semangat bangkit lagi sehingga teman-teman ini seperti kelihatan segar tapi padahal kurang tidur," ujar Dirut Telkom kepada Menkominfo.

Mendengar progres terbaru pemulihan layanan Telkom 1, termasuk teknisi Telkom yang kurang tidur, Rudiantara mengapresiasi mengenai hal tersebut. Ia pun yakin layanan akan sepenuhnya pulih sesuai jadwal, yakni pada 10 September 2017.

"Saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Telkom. Setiap hari saya menerima laporan berpacu dengan kecepatan. Saya yakin ini akan selesai sesuai jadwal 10 September, sekarang tanggal 5 September berarti lima hari lagi," kata Rudiantara.

"Saya ucapkan terima kasih untuk teman-teman jadi kurang tidur, apalagi yang tidak tidur. Saya melihat permasalahan dari sisi positif, permasalahan Telkom 1 ini menandakan Telkom menyelesaikan permasalahan dengan waktu relatif singkat. Untuk semuanya saya apresiasi," tambah Chief RA.

Selama 10 hari ini, anomali satelit Telkom 1 yang berdampak pada 15.019 site diantaranya 11.574 ATM dan 3.445 merupakan non ATM. Sementara 10.654 site yang telah normal pada hari ini, detailnya 7.658 ATM. Itu artinya masih ada 3.916 ATM yang masih offline.

Dengan kecepatan pemulihan 1.200 site per hari, Telkom optimistis para teknisi andalannya itu dapat memulihkan layanan sebelum 10 September 2017.

(yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed