ITB Jadi Tuan Rumah Forum Smart City

ITB Jadi Tuan Rumah Forum Smart City

ADVERTISEMENT

ITB Jadi Tuan Rumah Forum Smart City

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Jumat, 09 Okt 2015 08:20 WIB
Suhono Harso Supangkat
Jakarta - Smart Indonesia Initiatives Forum yang bakal dihelat pada 15-16 Oktober 2015 mendatang di ITB, Bandung, akan membahas isu-isu krusial terkait pembangunan smart city dan komunitas cerdas.

Konferensi ini masuk dalam kegiatan e-Indonesia Initiatives Forum XI. Rangkaian e-Indonesia Initiatives Forum telah berlangsung 10 kali dengan menghasilkan beberapa rekomendasi dan aksi.

"Salah satu rekomendasi yang terakhir adalah pengembangan ekosistem Indonesia Cerdas, sesuai dengan amanah pembukaan UUD 45 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” ungkap Ketua Panitia Konferensi Suhono Harso Supangkat di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Menurutnya, teknologi informasi (TI) mempunyai kontribusi penting untuk perwujudan kecerdasan mengelola lingkungan, perusahaan, industri, keamanan, pemerintahan hingga perkotaan.

“Dengan tujuan untuk mengoptimalkan penggunaan TI guna membangun Indonesia yang lebih cerdas, e-Indonesia Initiatives Forum XI dirangkaikan dengan Smart Indonesia Initiatives Forum pertama menyelenggarakan konferensi dan pameran terkait dengan TIK untuk Indonesia Cerdas, baik untuk perkotaan maupun komunitas cerdas,” ulasnya.

Dalam konferensi tersebut diundang para penggiat, regulator, peneliti hingga Industri. Ada sekitar 35 pembicara undangan di level direktur, walikota, dirjen hingga menteri.

Konferensi terdiri atas enam sesi dengan pembahasan Ekonomi dan sosial cerdas, infrastruktur cerdas, energi dan transportasi cerdas, anak dan manusia cerdas, pelayanan publik cerdas, dan tata kelola pembangunan dan pengelolaan kota cerdas

“Sejauh ini sudah empat menteri Kabinet Kerja yang akan hadir dalam konferensi ini. Diperkirakan kegiatan ini akan dihadiri sekitar 500 peserta. Selain ada konferensi, kegiatan kali ini juga di rangkai dengan kompetisi pembuatan game, aplikasi kota cerdas dan lokakarya pembangunan kota cerdas untuk para pimpinan kota, termasuk walikota, anggota DPRD hingga calon walikota dan bupati,” katanya.

Ditambahkannya, dalam konferensi ini akan dipertunjukan juga salah satu hasil aksi selama ini tentang Generasi K atau C-Gen yang merupakan gerakan perubahan mental dan perilaku yang dimulai dari anak muda.

“Dijadwalkan Ibu Puan Maharani (Menko PMK) akan menghadiri acara ini dengan tajuk Smart People untuk Kota Cerdas. Selain itu juga akan dipresentasikan lebih dari 40 makalah teknis tentang pembangunan kota dan komunitas cerdas Indonesia,” pungkasnya.

(rou/rou)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT