Indonesia Baru Nikmati 4G, China Sudah Siapkan 5G

Laporan dari China

Indonesia Baru Nikmati 4G, China Sudah Siapkan 5G

Ikhwanul Khabibi - detikInet
Jumat, 14 Agu 2015 07:03 WIB
ilustrasi (ist)
Shenzhen -

Salah satu perusahaan di China, ZTE kini tengah mengebut mempersiapkan jaringan 5G. Perusahaan telekomunikasi yang bekerja sama dengan Smartfren di Indonesia ini menjadi perusahaan pertama yang menggarap jaringan 5G.

"Kami sudah melewati era 4G yang dimulai pada 2010 dan saat ini kami tengah menggarap pre-5G," kata Global Spokesman of ZTE, David Dai di ZTE Head Quarter, Shenzhen, China.

David menjelaskan, jaringan 5G yang tengah digarap ZTE akan diluncurkan pada tahun 2020. Peluncuran jaringan 5G akan dilakukan di Jepang bertepatan dengan gelaran Olimpiade.

"Jaringan 5G nantinya akan 4 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Kami saat ini sedang dalam tahap persiapan ujicoba di beberapa daerah, salah satunya telah berpatner dengan Deutsche Telekom 5G Innovation Lab," jelas David.

ZTE memastikan pada tahun 2020 jaringan 5G sudah bisa terakses di semua negara yang bekerjasama dengan ZTE. Saat ini, ZTE tengah mengebut pengerjaan maintenance untuk mempersiapkan ekosistem 5G.

Jika kita menengok dengan perkembangan jaringan komunikasi di tanah air, maka Indonesia jelas kalah jauh. Di Indonesia, jaringan 4G LTE masih tahap awal dan belum bisa dirasakan di seluruh daerah.

(Hbb/yud)