Wuss...Internet di KTT APEC Nyaris Tembus 100 Mbps

Wuss...Internet di KTT APEC Nyaris Tembus 100 Mbps

- detikInet
Kamis, 03 Okt 2013 15:50 WIB
Suasana ruangan
Nusa Dua, Bali - Fasilitas yang disajikan Media Center KTT APEC memanjakan para pewarta. Telepon gratis dan internet super cepat bisa dinikmati tanpa batas di ruangan yang bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) tersebut.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Freddy Tulung memaparkan, fasilitas Media Center di KTT APEC yang berlokasi di BNDCC dilengkapi dengan 500 perangkat komputer dan 200 LAN.

Di sebelah PC, disertakan pula layanan IP Phone yang dapat digunakan untuk akses halo-halo ke lokal dan luar negeri. Semuanya gratis!

Untuk kecepatan internetnya pun tak usah khawatir, ada bandwidth sampai 40 Gbps yang disediakan untuk menunjang kenyamanan berinternet lebih dari 3.000 media yang diprediksi hadir meliput KTT APEC.

"Namun untuk sementara kami keluarkan 10 Gbps dulu, tapi sudah ada backup 30 Gbps yang telah disediakan," lanjutnya, dalam konferensi pers yang digelar di BNDCC, Kamis (3/9/2013).

Penasaran, detikINET pun menjajal kemampuan internet di Media Center KTT APEC. Dengan menggunakan Speedtest, PC yang diuji mampu menorehkan hasil download 94,90 Mbps, sedangkan untuk upload 95,36 Mbps. Wow!
 
sppedtest telkom apec
 
Tentu saja raihan tersebut terbilang tinggi untuk ukuran di Indonesia. Alhasil, untuk mengakses berbagai situs dan layanan dapat dilakukan dengan nyaman tanpa harus menunggu buffering.

Telkom disebut berada di balik fasilitas mentereng Media Center KTT APEC ini dengan kapasitasnya sebagai Telecommunication Partner APEC 2013.

Operator telekomunikasi pelat merah tersebut melengkapi Media Center dengan 550 line fixed wireline, layanan IP Phone untuk telekomunikasi internasional (IDD Call), akses internet, jaringan WiFi yang all coverage, Mobile SNG (Satelite News Gathering) untuk broadcaster dengan coverage nasional dan internasional serta jaringan privat ke semua lokasi venue.


(ash/fyk)