Karyawan Telkomsel 'Merahkan' Markas Telkom

Karyawan Telkomsel 'Merahkan' Markas Telkom

- detikInet
Kamis, 10 Nov 2011 11:14 WIB
Jakarta - Aksi demonstrasi dan mogok kerja jadi dilakukan Serikat Pekerja Telkomsel (Sepakat) hari ini. Mereka menggeruduk kantor Telkom sejak pagi tadi.

Ratusan karyawan beratribut merah yang menjadi ciri khas Telkomsel memenuhi setengah jalan Gatot Subroto Jakarta. Mereka memerahkan sekitar Graha Citra Caraka yang menjadi markas Telkom.

Pantauan detikINET, Kamis (10/11/2011), demo dimulai sejak pukul 9.00. Dan masih berlangsung hingga kini. Aksi ini membuat sekitar Gatot Subroto macet. Tampak pula petugas kepolisian berjaga mengamankan aksi demontrasi tersebut.

"Kami sudah puluhan tahun kerja di Telkomsel. Kami inginkan perubahan. Merdeka!," demikian teriak orator dalam aksi tersebut. Para pekerja yang berdemo itu pun mengenakan ikat kepala bertuliskan 'Jalankan PKB' yang dimaksud PKB adalah Perjanjian Kerja Bersama. Dalam PKB terdapat hak serta kewajiban perusahaan dan karyawan yang harus dipenuhi masing-masing pihak.

Pada intinya, ada tiga poin tuntutan Sepakat yang diajukan, seperti dijabarkan Ketua Umum Sepakat Achsinanto Risantosa, antara lain:

1. Secara prinsip menuntut penerapan good corporate governance, terutama pada implementasi PKB.

2. Sepakat menuntut aspirasi karyawan dimasukkan dalam penentu kebijakan strategis perusahaan.

3. Perusahaan dituntut untuk memperlakukan SDM sebagai aset dan memiliki nilai strategis.


(ash/rns)