IPTV Telkom Sasar Daerah Elite

IPTV Telkom Sasar Daerah Elite

- detikInet
Jumat, 01 Jul 2011 18:07 WIB
Jakarta - Dengan biaya berlangganan cukup mahal, wajar saja jika Groovia TV -- layanan IPTV dari Telkom -- menyasar segmen pelanggan kalangan atas. Itu sebabnya, BUMN telekomunikasi ini perlu menggandeng para pengelola apartemen dan perumahan mewah.

"Kami bekerja sama dengan delapan pengelola apartemen termasuk Pakubuwono View Apartemen, Springhill Resident, serta Citra Gra Cibubur. Sejauh ini sudah ada 1000 calon pelanggan yang melakukan pre-order untuk layanan IPTV kami," kata Direktur IT Supply & Solution Telkom Indra Utoyo di Jakarta, Jumat (1/7/2011).

IPTV atau internet protocol television, menyediakan tayangan yang menggunakan medium internet. Berbeda dengan televisi biasa, layanan ini menawarkan pengalaman menonton yang lebih kaya konten, dimana penonton bisa me-rewind, pause, ataupun merekam siaran televisi sesuai keinginan.

Bukan hanya itu, kata Indra, Groovia TV juga secara otomatis merekam dan menyimpan semua program acara televisi dalam kurun 48 jam terakhir. Sehingga jika pelanggan IPTV ini sedang sibuk, mereka masih bisa menonton acara yang terlewatkan.

Selain acara-acara pada saluran free to air, Groovia TV juga menyediakan channel premium seperti halnya pada siaran TV berbayar mereka, Yes TV. Total channel yang dimiliki Groovia TV hingga saat ini adalah 82. Namun untuk ke depannya Telkom berencana menambah jumlah saluran tersebut.

Untuk berlangganan siaran Groovia TV, pelanggan dikenakan biaya Rp 690 ribu per bulan. Meski terkesan mahal, namun harga itu kata Indra sudah termasuk layanan internet dengan kecepatan 1 Mbps. "Ini yang kami namakan era triple play," ujarnya.

Indra juga mengatakan Groovia TV memang menyasar penghuni apartemen ataupun karyawan kantor. Sebab, layanan ini harus didukung dengan jaringan kabel berbasis MSAN (Multi-Service Access Node) serta GPON (Gigabyte Passive Optical Network).

"Belum tentu semua rumah memilikinya. Tapi kalau apartemen biasanya otomatis sudah dilengkapi jaringan tersebut," papar Chief Information Officer Telkom ini.

Hingga akhir tahun nanti, Indra berharap Groovia TV sudah menjangkau 300 ribu pelanggan di Jakarta. Saat ini jangkauan IPTV Telkom ini memang masih terbatas di wilayah Jakarta. Namun tahun depan Indra menargetkan layanan ini sudah bisa diakses di empat kota besar lain, yaitu Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Semarang.

"Untuk sementara operasionalnya memang masih di pulau Jawa, karena izin yang kami dapatkan baru untuk lima kota tersebut," pungkas Indra.


(rou/rns)