Tifatul Resmikan 14 Desa Informasi

Tifatul Resmikan 14 Desa Informasi

- detikInet
Minggu, 12 Des 2010 11:34 WIB
Bengkayang - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring, kembali meresmikan Desa Informasi. Kali ini peresmian dilaksanakan di Desa Jagoi, Kecamatan Jagoibabang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. 

Desa Informasi ini merupakan program Kementerian Kominfo yang difokuskan pada pembangunan fasilitas telekomunikasi dan informatika di desa-desa terpencil khususnya yang berada di wilayah-wilayah perbatasan RI dengan negara-negara tetangga.

Sejak dicanangkan pada 2009 yang lalu, Kementerian Kominfo menargetkan pelaksanaan 500 Desa Informasi hingga tahun 2014. Dalam peresmian di Desa Jagoi ini, Kementerian Kominfo juga sekaligus meresmikan 14 lokasi Desa Informasi yang terletak di berbagai wilayah perbatasan RI. 

Dalam upacara peresmian di Desa Jagoi, Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan program Desa Informasi merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan akses informasi dan telekomunikasi warga masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah terluar dan perbatasan.

"Dengan Desa Informasi ini diharapkan dapat semakin mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan pembangunan perekonomian warga masyarakat yang berada di wilayah-wilayah perbatasan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi," ujar Tifatul dalam sambutannya, sesuai keterangan yang diterima detikINET, Minggu (12/12/2010).

Turut hadir dalam peresmian tersebut, antara lain Direktur Utama MNC SkyVision (Indovision) Rudy Tanoesoedibjo, Dirjen Sistem Komunikasi dan Diseminasi Informasi Kementerian Kominfo Bambang Subijantoro, dan Bupati Bengkayang Suryadman Gidot. 

Peresmian di Desa Jagoi ini sekaligus menandai telah diluncurkannya 14 Desa Informasi lainnya, yang terdiri dari lima desa di Provinsi Kalimantan Barat, empat desa di Kalimantan Timur, satu desa di Kepulauan Riau, satu desa di Nusa Tenggara Timur, satu desa di Sulawesi Utara, satu desa di Papua, dan satu desa di Maluku Utara.  (rou/fw)