Telkomsel Janji Kembalikan Pulsa Pelanggan

Kasus Penawaran SMS RBT

Telkomsel Janji Kembalikan Pulsa Pelanggan

- detikInet
Senin, 05 Jul 2010 18:23 WIB
Jakarta - Operator seluler Telkomsel menyatakan siap mengembalikan pulsa yang telah dikeluarkan oleh puluhan ribu pelanggannya, atas balasan SMS penolakan tawaran ring back tone (RBT) edisi ekslusif Piala Dunia 2010 yang disebar secara broadcast kepada 5 juta pelanggan terpilih.

"Kami akan mengembalikan pulsa yang tak seharusnya kena charge kepada pelanggan yang telah menolak penawaran RBT khusus Piala Dunia kami," kata Edhi Mucharam, GM Digital Music Technical Telkomsel, di Wisma Mulia Telkomsel, Senin (5/7/2010).

Telkomsel pada 4 Juli 2010 kemarin menyebarkan SMS penawaran secara broadcast kepada 5 juta pelanggan terpilihnya, dari total 88 juta yang ada saat ini. 5 juta pelanggan itu, kata Edhi, sengaja diprioritaskan karena merupakan pelanggan yang sering menghabiskan pulsa alias ARPU (average revenue per user)-nya tinggi.

"Mereka ini ARPU-nya di atas Rp 75 ribu. Saat ini dari 88 juta pelanggan Telkomsel, ARPU campurannya Rp 40 ribu," ujarnya.

Lima juta pelanggan ini pun kemudian ditawarkan untuk berlangganan RBT edisi khusus Piala Dunia. "Cuma kami satu-satunya operator yang punya RBT ini. Itu sebabnya kami tawarkan secara khusus," kata Edhi lagi.

Namun, dari 5 juta pelanggan itu ada 450 ribu pelanggan yang membalas dengan penolakan. Dan sayangnya, hampir 10% dari 450 ribu itu me-reply SMS penolakan lebih dari satu kali sehingga dikenakan charging atau potongan biaya SMS normal.

"Memang ada kesalahan dari billing systems kami. Seharusnya itu memang tidak boleh di-charge. Itu sebabnya kami akan mengembalikan pulsa kepada pelanggan sebanyak SMS penolakan yang mereka kirimkan ke 1212," jelas Edhy.

Telkomsel dalam kasus ini menawarkan konten lagu RBT berjudul "Ayo Semangat" dari grup band The Changcuters. RBT ini akan otomatis terpasang sebagai nada sapa pribadi di lima juta pelanggan terpilih itu jika tidak membalas kata "No" sebagai penolakan dan dikirim balik ke nomor 1212.

"Konten RBT ini sengaja kami tawarkan broadcast saat Piala Dunia memasuki babak semifinal. Kami tidak bermaksud memaksakan, hanya menawarkan konten ekslusif ini kepada pelanggan prioritas kami," tambah Endra Diputra, Manager Digital Music Partnership Telkomsel.

Dari 88 juta pelanggan Telkomsel, saat ini ada enam juta yang masih menggunakan RBT. Kata Endra, angka jumlah pelanggan RBT naik turun sesuai keinginan pelanggan. RBT merupakan salah satu konten nilai tambah atau value added services (VAS) yang turut menyumbang 7% dari total pendapatan anak usaha Telkom dan SingTel tersebut.



(rou/wsh)