Selasa, 28 Jan 2014 17:17 WIB

Nokia Blusukan ke Komunitas Fotografi

Ardhi Suryadhi - detikInet
Jakarta - Nokia tengah gencar memperkenalkan Lumia 1020 yang dibekali dengan kamera beresolusi 41 MP. Aksi blusukan ke komunitas fotografi pun dilakukan oleh vendor asal Finlandia itu.

Salah satunya adalah dengan menggelar Community Chat dengan komunitas fotografi di Moodz Cafe, Epicentrum, Kuningan. Acara tersebut merupakan ajang edukasi dan experience Lumia 1020 kepada komunitas fotografi.

Workshop fotografi tersebut mengambil tema 'Revolusi Kamera Smartphone' dengan menghadirkan pembicara Arbain Rambey, fotografer senior salah satu koran nasional dan Anvid Erdian, Product Manager Nokia.

Dalam paparannya, Arbain Rambey mengatakan bahwa kehadiran ponsel kamera dengan resolusi tinggi sangat membantu pengguna untuk mendapatkan hasil obyek yang berkualitas.

Malahan sekarang ini, lanjut Arbain kebanyakan jurnalis dan fotografer merasa cukup hanya membawa kamera ponsel dengan resolusi tinggi ketimbang membawa kamera DSLR .

"Jurnalis foto dan wartawan sekarang semakin dimudahkan karena ponsel kamera sudah memiliki kualitas kamera sangat bagus," tegas Arbain.
 
Lebih lanjut fotografer senior ini mengatakan bahwa ke depan hanya akan ada tiga segmentasi kamera. Pertama; DSLR masuk ke segmen studio. Kamera ini hanya akan digunakan di studio foto menggantikan kamera medium format.

Kedua, mirrorless camera menggantikan fungsi DSLR. Ketiga, kamera prosumer dan poket akan hilang digantikan smartphone kamera.

"Revulosinyanya, smartphone kamera akan menggeser dan menggantikan kamera poket," ia menambahkan.

Dari pengamatannya, Arbain melihat setidaknya ada tiga hal dalam revolusi kamera Lumia 1020. Pertama, terjadi revolusi pada resolusi kamera yang mencapai 41 MP. Kedua, kualitas warna yang dihasilkan bagus. Ketiga, mutu dan kualitas lensanya tidak main-main, tajam dan menggunakan carl zeis.

Sepanjang pengetesan yang dilakukan Arbain, sensor yang dipakai Lumia 1020 adalah 1/1,5” alias berukuran 8,80 mm x 6, 60 mm.

"Sensor yang dipakai Lumia 1020 ini sensor yang sama dengan yang dipakai kamera prosumer Fuji XS1. Ini sudah cukup untuk para fotografer dan awak media untuk mendukung aktivitas," ungkapnya.
 
Sementara itu, Anvid Erwan, Product Manager Nokia memandang pentingnya edukasi kepada komunitas. Dalam hal ini, lanjut Anvid, komunitas fotografi menjadi salah satu target untuk merasakan kehandalan Lumia 1020.

"Dengan forum Community chat ini mereka benar-benar bisa melakukan experience dan mencoba kecanggihan Lumia 1020. Banyak fitur kamera yang dimiliki Lumia 1020, namun tidak dimiliki smartphone lainnya," kata Anvid.

Di akhir acara, peserta worshop ditantang untuk menunjukkan kemahirannya dengan cara mengikuti lomba foto menggunakan Nokia Lumia 1020. Di sesi inilah para peserta begitu antusias untuk mengeksplorasi fitur dan angle menarik.

(ash/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed