Sabtu, 10 Mar 2012 16:27 WIB

NgaturDuit.com, 'Asisten' Pengatur Keuangan Pribadi

- detikInet
Jakarta - Mengatur keuangan pribadi tak lagi menjadi soal dengan situs berikut. Adalah situs layanan keuangan pribadi bernama NgaturDuit.com yang membantu memecahkan permasalahan yang kerap dijumpai banyak orang ini.

Lahir dari sebuah start up, Api Perdana selaku Chief Executive Officer NgaturDuit.com, melakukan pengamatan cukup lama mengenai bagaimana orang mengatur keuangan mereka, sebelum merilis situsnya.

Pria yang juga memiliki perusahaan di bidang IT ini mengatakan, "Butuh waktu tiga bulan untuk bikin konsep awal dengan modal Rp 600 juta. Bagi kami, yang penting ada, lalu kita lempar ke market, mendapat respon, kemudian kita kembangkan".
"Kita lebih kepada user oriented. Kita tanya kepada user, apa saja masukan mereka. Apa yang user inginkan dan apa yang user tidak inginkan akan menentukan fitur-fitur di NgaturDuit.com,” tuturnya.

Dari keterangan yang diterima detikINET, situs tersebut berfokus pada service. Untuk menunjang layanannya, pihaknya menggandeng partner strategis, yaitu grup konsultan keuangan, ahli investasi, sekuritas, dan institusi keuangan lainnya.

Diklaim, sejak ia didirikan pada 26 Maret 2011, penggunanya sudah mencapai 25.000 orang. Sejumlah kemudahan yang bisa didapat pengguna antara lain pembuatan anggaran, pengawasan pengeluaran, monitoring portfolio investasi, hingga konsultasi keuangan dengan para ahli di bidang keuangan.

Situs yang bisa dibilang mulai menapaki kepopuelarannya ini, tak bisa dipisahkan dari sebuah kompetisi IT bertajuk IMULAI3 — Indonesia MULAI. Pada lomba yang diadakan oleh Microsoft Indonesia dan USAID, NgaturDuit.com menyabet gelar juara sehingga hal ini membantu promosi mereka.

Prestasi yang mereka raih tak berhenti sampai di situ. NgaturDuit.com pernah menjadi 10 startup terpilih oleh e27, organisasi media berdomisili di Singapura yang fokus terhadap informasi perkembangan industri startup. NgaturDuit.com juga menjadi salah satu dari 10 finalis Online Enterpreneur Award 2011.

Mereka juga pernah masuk menjadi finalis di ajang Global Entrepreneurship Program–Indonesia yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri Amerika Serikat dan juga pada kompetisi Indonesia ICT Awards (INAICTA) 2011 yang diadakan oleh Kementerian Informasi dan Komunikasi.




(sha/sha)