Minggu, 07 Jan 2018 18:18 WIB

Pesawat Antariksa Juno Pamerkan Keindahan Jupiter

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi Juno mengorbit di atas Jupiter (Foto: NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin Gill) Ilustrasi Juno mengorbit di atas Jupiter (Foto: NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin Gill)
Jakarta - Juno, pesawat antariksa tanpa awak NASA yang mengorbit planet Jupiter, menyelesaikan perjalanan berkecepatan tinggi kesepuluhnya pada 16 Desember 2017.

Saat ini, pesawat senilai USD 1 miliar ini memang berjarak relatif dekat dengan planet berwujud gas raksasa tersebut. Juno pun mengambil sejumlah foto baru menggunakan kamera JunoCam.

Bagi para penggemar antariksa, seperti dikutip dari Business Insider, Minggu (7/1/2018), memang perlu waktu cukup lama untuk menantikan foto-foto tersebut. Namun penantian tersebut berbuah manis.

Gambar-gambar terbaru hasil jepretan JunoCam tampak mengagumkan, memperlihatkan banyaknya awan dan badai yang berputar-putar di seluruh planet Jupiter.

Para peneliti dari NASA dan Southwest Research Institute mengupload foto-foto mentah hasil pencitraan JunoCam ke website mereka akhir Desember lalu.


Pesawat Antariksa Juno Pamerkan Keindahan Jupiter Sederet foto-foto Jupiter yang digabungkan (Foto:NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin Gill)


Sejak itu, para penggemar antariksa dan planet 'mewarnai' foto hitam putih tersebut, sehingga Jupiter tampak lebih cantik dan memukau.

Beberapa bahkan ada yang membuatkan video stop motion dengan menggabungkan beberapa foto Jupiter sehingga menjadi sebuah animasi yang keren.

Untuk diketahui, NASA meluncurkan Juno pada 2011. Perlu waktu hampir lima tahun bagi Juno mencapai orbit Jupiter, sehingga bisa lebih dekat untuk memotretnya.

Setiap 53 hari, sambil berpergian dengan kecepatan hingga 130 ribu mph, JunoCam merekam serangkaian foto terbaru kondisi Jupiter.

Juno adalah satu-satunya pesawat antariksa yang melayang di sekitar Jupiter. NASA berharap Juno masih akan mengorbit di Jupiter beberapa tahun lagi dan mengirimkan lebih banyak foto-foto keindahan Jupiter. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed