Kamis, 09 Nov 2017 11:24 WIB

Mengerikan! AS Siapkan Jet Tempur Bersenjata Laser

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: istimewa Ilustrasi. Foto: istimewa
Washington - Angkatan Udara Amerika Serikat mempersiapkan senjata baru yang mematikan untuk jet tempur, yaitu laser energi tinggi. Air Force Research Laboratory telah menunjuk perusahaan Lockheed Martin untuk mulai mengembangkannya.

Lockheed Martin, perusahaan yang biasa menciptakan persenjataan canggih AS, menyatakan senjata laser itu rencananya akan diuji coba di jet tempur pada tahun 2021.

Memang membuat senjata laser bukanlah perkara gampang. Namun senjata semacam ini diprediksi jadi tren ketika teknologinya sudah tersedia. Nantinya jet tempur dapat menembak jatuh jet musuh dengan tembakan laser, meski kegunaan utamanya adalah untuk pertahanan diri.

"Ada beberapa manfaat besar dari senjata laser, dengan asumsi semua teknologinya bekerja dengan baik. Satu kali tembakan ongkosnya jauh lebih sedikit dibandingkan misil," sebut Daniel Goure, analis persenjataan di Lexington Institute.

"Peluru atau misil juga bisa habis. Tapi jika kamu memiliki laser, maka tidak perlu diisi ulang," tambah dia yang dikutip detikINET dari CNBC.

Sistem persenjataan laser ini kabarnya sudah bisa diterapkan di kapal dan kendaraan tempur. Tantangan terutama bagaimana mengimplementasikan sistem persenjataan laser di pesawat jet yang berukuran kecil.

"Ini memang benar-benar merupakan tantangan baru untuk memasukkan sistem laser di platform yang lebih kecil," sebut Lockheed Martin.

Senjata laser semacam ini suatu hari diperkirakan menjadi standar bagi pesawat Angkatan Udara AS, terutama bagi pesawat biasa. Dengan senjata laser, pesawat lebih dapat mempertahankan diri dari serangan musuh atau rudal dari darat. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed