BERITA TERBARU
Rabu, 30 Sep 2015 07:19 WIB

Laporan dari Yokohama

Fuji Xerox Pamer Robot Video Conference

Elvan Dany Sutrisno - detikInet
Prototipe robot video conference Fuji Xerox (van/detikINET) Prototipe robot video conference Fuji Xerox (van/detikINET)
Yokohama - Saat ini dengan bantuan video call seseorang tak harus berada di ruangan untuk mengikuti atau bahkan memimpin sebuah rapat. Pusat riset dan pengembangan Fuji Xerox berupaya menciptakan teknologi untuk semakin memantapkan teknologi video conference tersebut.

Prototipe tersebut diperkenalkan President and CEO Fuji Xerox Palo Alto Laboratory, Dick Bulterman dalam global conference press di Fuji Xerox R and D Square di Yokohama, Jepang.

Prototipe tersebut berbentuk seperti robot dengan layar LCD berukuran sekitar 21 inch sebagai kepalanya. Sama seperti saat menggunakan video call, LCD itu menampilkan wajah orang yang diajak bicara tentu juga dilengkapi kamera untuk mengikuti rapat.

Hanya saja prototipe ini punya semacam leher sehingga 'kepala' si peserta rapat jarak jauh bisa menengok ke kanan dan ke kiri dan bicara langsung dengan setiap orang sembari menatapnya.

Di sebelahnya, dipasang speaker agar rapat bisa berlangsung lancar karena suara peserta rapat dari kejauhan itu terdengar keras. "Halo semua," kata seorang pria yang berada di LCD tersebut, saat disapa Dick.

LCD pun memutar menyapa peserta konferensi pers bertepuk tangan. Presentasi ini diikuti lebih dari 30 media dari kawasan Asia Pasifik, termasuk detikINET yang ikut diundang hadir di Yokohama.

Sementara prototipe itu belum akan diluncurkan dalam waktu dekat, Fuji Xerox juga belum punya nama untuk device menarik itu. Tidak jelas juga apakah perangkat futuristik ini bakal dijual atau tidak.

"Kami belum punya nama dagang untuk device itu. Kami (FX Palo Alto) hanya membuat ide dan konsep, kami juga tidak mengurusi pemasaran," kata Dick saat ditanya apakah robotic sensoring monitor itu bakal dijual bebas.

Teknologi tersebut baru satu dari beberapa teknologi mutakhir yang diperkenalkan Fuji Xerox di markas besarnya di negeri Sakura. Apa saja teknologi lainnya yang diperkenalkan, ikuti kisah selanjutnya di detikINET.



(van/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Senin, 29 Mei 2017 17:40 WIB
    Telkomsel berhasrat untuk menggelar layanan 5G di Indonesia, dalam waktu yang tidak jauh dengan implementasi di ranah global.
  • photo Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel FotoINET

    Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel

    Senin, 29 Mei 2017 17:21 WIB
    Telkomsel bersama dengan Huawei melakukan live demo pertama di Indonesia untuk teknologi 5G yang mampu menghasilkan kecepatan 70 Gbps. Wow!
  • Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Senin, 29 Mei 2017 17:14 WIB
    Telkomsel melakukan live demo teknologi 5G pertama di Indonesia. Hasilnya, live demo yang dilakukan bersama Huawei ini tembus 70 Gbps.
  • Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Senin, 29 Mei 2017 16:48 WIB
    Memasuki bulan Ramadan 2017, Google merilis fitur barunya di Indonesia. Fitur-fitur tersebut dijanjikan dapat menjadi teman ibadah puasa lewat ponsel pengguna.
  • Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Senin, 29 Mei 2017 16:03 WIB
    Selain CEO Snap Evan Spiegel, sejumlah bos teknologi lainnya memilih menggelar pesta pernikahan sederhana, meski mereka dari kalangan berduit.