BERITA TERBARU
Sabtu, 22 Ags 2015 14:30 WIB

Qualcomm Bikin Drone dengan Snapdragon

Yudhianto - detikInet
Jakarta - Chip buatan Qualcomm hampir pasti ditemui di semua ponsel di dunia ini. Namun sepertinya itu belum cukup bagi Qualcomm, karena produsen chip ini disebut juga bakal segera merambah bisnis drone.

Penggunaan drone sendiri memang tengah marak belakangan ini, dari yang sekadar hobi sampai professional menggunakan perangkat terbang tanpa awak untuk mendukung aktivitasnya. Qualcomm melihat peluang tersebut dan mengungkapkan tertarik untuk menggeluti bisnis drone.

Tapi bukannya Qualcomm akan membuat drone-nya sendiri. Jadi seperti di bisnis ponsel, Qualcomm juga akan berperan sebagai pemasok chip yang dibutuhkan drone. Bahkan perusahaan asal Amerika ini sempat sesumbar Snpadragon 800 akan jadi chip pertamanya di bisnis drone.

Alasan dipilihnya prosesor yang pernah jadi andalannya itu karena drone kerap digunakan untuk tujuan fotografi atau video. Selain itu drone juga membutuhkan sistem navigasi dan komunikasi yang baik dalam pengoperasiannya. Snapdragon 800 diyakini memiliki jawaban untuk kebutuhan itu.

Kalau di ponsel, Snapdragon 800 sejatinya memang dikenal punya performa mumpuni di ponsel. Tapi disamping itu prosesor ini juga punya kemampuan sangat baik dalam menangani pemrosesan gambar.

Rata-rata ponsel yang pakai prosesor ini punya hasil kualitas kamera yang sangat baik. Kelebihan ini yang ingin dimanfaatkan Qualcomm di penggunaan drone saat ini.

Dengan menggunakan chip buatannya, Qualcomm juga mengatakan harga jual drone bisa lebih murah lagi berkat penggunaan chip yang dipakai lebih efisien.

Karena nantinya hanya dibutuhkan satu chip untuk menangani berbagai kebutuhan komputasi. Sebagai informasi, saat ini drone disebut masih menggunakan beberapa chip untuk memenuhi kebutuhannya.

Seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Sabtu (22/8/2015), Qualcomm mengatakan akan mengumumkan secara resmi niatannya ke bisnis drone dan berbagi informasi lainnya pada bulan September mendatang.

(yud/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Senin, 29 Mei 2017 17:40 WIB
    Telkomsel berhasrat untuk menggelar layanan 5G di Indonesia, dalam waktu yang tidak jauh dengan implementasi di ranah global.
  • photo Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel FotoINET

    Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel

    Senin, 29 Mei 2017 17:21 WIB
    Telkomsel bersama dengan Huawei melakukan live demo pertama di Indonesia untuk teknologi 5G yang mampu menghasilkan kecepatan 70 Gbps. Wow!
  • Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Senin, 29 Mei 2017 17:14 WIB
    Telkomsel melakukan live demo teknologi 5G pertama di Indonesia. Hasilnya, live demo yang dilakukan bersama Huawei ini tembus 70 Gbps.
  • Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Senin, 29 Mei 2017 16:48 WIB
    Memasuki bulan Ramadan 2017, Google merilis fitur barunya di Indonesia. Fitur-fitur tersebut dijanjikan dapat menjadi teman ibadah puasa lewat ponsel pengguna.
  • Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Senin, 29 Mei 2017 16:03 WIB
    Selain CEO Snap Evan Spiegel, sejumlah bos teknologi lainnya memilih menggelar pesta pernikahan sederhana, meski mereka dari kalangan berduit.