BERITA TERBARU
Minggu, 24 Nov 2013 10:22 WIB

Laporan dari Nagoya

Robot Toyota Jago Main Musik

- detikInet
Robot Toyota (syu/detikINET) Robot Toyota (syu/detikINET)
Nagoya - Robot dipercaya akan membantu kerja manusia di masa depan. Karena itulah banyak pihak telah sejak lama mengembangkan robot untuk masa depan, salah satunya adalah Toyota. Nah, robot Toyota yang satu ini bahkan bisa main terompet dengan baik.

Robot yang dijuluki dengan nama Toyota Partner Robot ini merupakan salah satu atraksi di Toyota Kaikan, sebuah markas milik Toyota di Nagoya, Jepang.

Kepiawaian Toyota Partner Robot pun menarik minat banyak pengunjung. Kebetulan ketika detikOto mengunjungi markas Toyota ini sedang banyak anak sekolah dasar yang berkunjung mengingat di tempat ini Toyota juga menampilkan inovasi-inovasi terkini dalam bentuk museum teknologi. Tak anyal, anak-anak itu pun menonton sang robot menunjukkan keahliannya.

Robot Toyota memang terkenal suka bermain musik. Di ajang Indonesia International Motor Show pada 2012 lalu Toyota juga memperlihatkan sebuah robot yang bisa bermain biola.

Robot sendiri dikembangkan Toyota sejak lama, tepatnya sejak 1970-an yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas di pabrik-pabrik Toyota. Sejak 1990-an, TMC mulai mengembangkan teknologi robot yang dilandasi oleh semangat kaizen (continues improvement).

Tahun 2000an robot berbentuk humanoid dikembangkan sebagai persiapan visi untuk menciptakan 'robot asisten' untuk aktivitas sehari-hari. Terlebih, Toyota Partner Robot juga didesain khusus sehingga mampu menggerakkan seluruh tubuhnya dengan sangat luwes sehingga dapat berjalan seperti manusia.

Kedua belah tangan dan pergelangan tangan robot ini didesain untuk dapat bergerak secara fleksibel sehingga bisa banyak melakukan kegiatan seperti manusia.


(syu/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Senin, 29 Mei 2017 17:40 WIB
    Telkomsel berhasrat untuk menggelar layanan 5G di Indonesia, dalam waktu yang tidak jauh dengan implementasi di ranah global.
  • photo Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel FotoINET

    Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel

    Senin, 29 Mei 2017 17:21 WIB
    Telkomsel bersama dengan Huawei melakukan live demo pertama di Indonesia untuk teknologi 5G yang mampu menghasilkan kecepatan 70 Gbps. Wow!
  • Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Senin, 29 Mei 2017 17:14 WIB
    Telkomsel melakukan live demo teknologi 5G pertama di Indonesia. Hasilnya, live demo yang dilakukan bersama Huawei ini tembus 70 Gbps.
  • Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Senin, 29 Mei 2017 16:48 WIB
    Memasuki bulan Ramadan 2017, Google merilis fitur barunya di Indonesia. Fitur-fitur tersebut dijanjikan dapat menjadi teman ibadah puasa lewat ponsel pengguna.
  • Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Senin, 29 Mei 2017 16:03 WIB
    Selain CEO Snap Evan Spiegel, sejumlah bos teknologi lainnya memilih menggelar pesta pernikahan sederhana, meski mereka dari kalangan berduit.