Duh, Ada Zoombombing Kelamin & Nazi di Webinar Vaksin COVID-19 BRIN

Duh, Ada Zoombombing Kelamin & Nazi di Webinar Vaksin COVID-19 BRIN

Tim - detikInet
Rabu, 26 Jan 2022 17:00 WIB
Zoombombing
Zoombombing di webinar BRIN. Foto: screenshot/detikINET
Jakarta -

Ulah hacker yang menyusup di sesi video conference atau Zoombombing terjadi lagi. Kali ini di saat webinar Riset Pengembangan Vaksin COVID-19 yang digelar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Rabu (26/1/2021).

Saat Dr. rer. nat. Wien Kusharyoto memaparkan soal gelombang baru COVID-19 di Indonesia, mendadak muncul coretan merah di layar. Awalnya peserta webinar mengira coretan tersebut untuk memperjelas materi yang ditampilkan.

Namun dugaan tersebut salah, coretan tersebut malah menggambarkan alat kelamin pria dan lambang Nazi. Kejadian ini berlangsung selama satu menit hingga host menyadari adanya zoombombing.

detikINET telah meminta tanggapan ke BRIN kenapa hal tersebut bisa terjadi. Dugaan kami kejadian tersebut lantaran Meeting ID dan Passwordnya diumbar di media sosial, sehingga siapapun bisa masuk ke dalam sesi tersebut.

[Gambas:Instagram]

Dan benar saja ketika kami mengecek postingan acara webinar riset pengembangan vaksin COVID-19 di akun Instagram BRIN menampilkan kedua hal tersebut. Namun menurut pakar internet security dari Vaksincom Alfons Tanujaya, kejadian kejadian zoombombing lantaran kecerobohan admin diskusi.

Sebab Zoom telah memiliki fitur moderasi yang menyortir siapa yang bisa bergabung ke dalam video conference.

"Adminnya harus aktif ngejagain siapa yang masuk. Kan sebelum masuk ada waiting room sebelum di-approved. Kemungkinan admin menyetujui siapapun yang mau masuk," kata Alfons saat dihubungi detikINET beberpa waktu lalu membahas fenomena Zoombombing.

"Jadi bisa jadi kesalahan admin. Tidak kenal orang asing kenapa diperbolehkan masuk. Adanya fitur waiting room kan bisa mengontrol siapa yang ikut. Bahkan Zoom bisa membatasi share screen," tandasnya.

Jika penasaran dengan kejadian zoombombing di webinar Riset Pengembangan Vaksin COVID-19 kamu bisa melihatnya di YouTube BRIN di menit ke-40.



Simak Video "Nasib Ratusan Pegawai Eijkman, Berupaya Bertahan-Cari 'Rumah Baru'"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)