Dompleng iPhone 13, Penipu Gondol Bitcoin Senilai Rp 986 Juta

Dompleng iPhone 13, Penipu Gondol Bitcoin Senilai Rp 986 Juta

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 26 Sep 2021 11:00 WIB
iPhone 13 Pro
Manfaatkan Event iPhone 13, Penipu Gondol Bitcoin Senilai Rp 986 Juta Foto: Apple Event
Jakarta -

Apple meluncurkan iPhone 13 lewat event bertajuk California Streaming pada pekan lalu. Tapi event ini justru dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk mempromosikan penipuan bitcoin.

Menurut laporan Zscaler, penipu ini membuat video livestream yang terlihat mirip seperti event Apple. Tapi video ini justru memperlihatkan wawancara lawas dengan CEO Apple Tim Cook, bukan livestream event peluncuran iPhone 13.

Channel YouTube penipu tersebut terlihat menggunakan logo yang mirip seperti channel YouTube resmi Apple. Saat ditemukan, Zscaler melaporkan channel itu memiliki 1,3 juta subscriber dan video livestream-nya ditonton lebih dari 16.000 orang, sehingga membuat video itu terlihat asli dan meyakinkan.

Di akhir video tersebut ada pesan yang menyuruh penonton untuk mengunjungi situs www.2021.apple.org. Begitu diklik, situs tersebut memiliki tampilan yang dibuat terlihat mirip seperti situs resmi Apple dan digunakan untuk mempromosikan giveaway bitcoin senilai 1.000 BTC.

Penipu kemudian meminta orang yang mengunjungi situs itu untuk mengirimkan 0,1 sampai 20 bitcoin lewat QR code untuk kemudian dikembalikan dua kali lipatnya. Situs itu juga mengklaim mereka telah membagikan 819 BTC untuk membuat program giveaway ini terlihat asli.

Meski banyak red flag yang mengindikasikan giveaway ini adalah penipuan, rupanya banyak orang yang berhasil dikelabui dan menjadi korban. Dompet bitcoin yang terkait dengan situs tersebut diketahui berhasil meraup mata uang kripto senilai USD 69.000 atau sekitar Rp 986 juta, seperti dikutip dari AppleInsider, Minggu (26/9/2021).

Situs penipu tersebut saat ini sedang down, dan sepertinya akan terus down setelah sukses menggondol bitcoin dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat. Zscaler pun mengingatkan investor bitcoin untuk berhati-hati jika melihat giveaway bitcoin yang tidak resmi dan mencurigakan.

Penipuan bitcoin yang mencatut nama Apple dan tokoh pentingnya sudah sering ditemukan di YouTube. Co-founder Apple Steve Wozniak bahkan pernah menggugat YouTube karena wajahnya digunakan untuk mempromosikan penipuan bitcoin di sebuah video.



Simak Video "Masalah yang Mengiringi Peluncuran iPhone 13"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)