Pamer Saldo Miliaran Rupiah, Harus Siap Tanggung Risikonya

Pamer Saldo Miliaran Rupiah, Harus Siap Tanggung Risikonya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 12 Agu 2021 16:37 WIB
ilustrasi ATM
Ancaman pamer saldo. Foto: iStock
Jakarta -

Kemarin sempat viral trend pamer saldo hingga ada yang mencapai Rp 11 triliun di TikTok. Meski keren, dan terserah yang punya uang juga sih, ancaman pamer saldo kekayaan di rekening masih harus diwaspadai.

Kepada detikINET, pengamat keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya menjelaskan bahwa dari sisi risiko penyalahgunaan data untuk akun yang bersangkutan secara langsung cenderung relatif kecil. Itu dikarenakan nomor akun dan nama secara standar umumnya disamarkan oleh bank.

"Tapi dampak tidak langsung dan jangka panjang yang perlu diwaspadai. Jika memang diketahui memiliki dana sangat banyak dan identitas atau akunnya berhasil di identifikasi maka pemilik akun dan anggota keluarganya rentan menjadi sasaran kejahatan," ujar Alfons melalui pesan singkat, Kamis (12/8/2021).

Contoh bahaya mungkin terjadi adanya kejahatan terorganisir, bisa berupa penyanderaan dan lainnya. Sementara untuk kemungkinan pemeriksaan dari pihak pajak, Alfons mengatakan potensinya tetap ada.

"Kalau soal pajak memang harus bayar kan. Jadi harusnya kalau berani pamer artinya memang bayar pajak," ujar Alfons.

"(Namun) secara tidak langsung hal ini juga berpotensi memicu tindakan verifikasi lain misalnya PPATK dan diharapkan memang sumber uang tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Kalau tidak maka akan berpotensi menjadi sasaran penelitian oleh pihak berwenang," tandasnya.

Jadi buat kalian yang tertarik untuk ikut tren 'Ganteng, review saldonya dong', pastikan kamu bisa mempertanggungjawabkan risikonya, ya. Jangan lupa juga untuk memastikan kita sudah membayar pajak secara rutin sebelum pamer saldo.



Simak Video "Geger Kepala Dusun di Nganjuk Joget TikTok di Atas Meja Kades"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)