Apple Ingin Hapus Password, Diganti Face dan Touch ID

Apple Ingin Hapus Password, Diganti Face dan Touch ID

Josina - detikInet
Sabtu, 12 Jun 2021 11:00 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta -

Banyak yang menilai password atau kata sandi adalah sistem keamanan yang kuno sehingga harus dihilangkan. Hal ini karena password dinilai lemah karena pengguna kerap menggunakan kata sandi yang lemah atau dapat bocor ketika peretas menerobos suatu sistem.

Namun, untuk menghilangkan kata sandi sepenuhnya adalah tugas yang monumental, dan itulah yang sepertinya akan dilakukan Apple.

Pada gelaran WWDC 2021, Apple meluncurkan teknologi otentikasi baru berbasis iCloud Keychain. Cara kerjanya adalah ketika kamu membuat akun di situs web, kamu hanya perlu memilih nama pengguna seperti biasa.

Setelah itu perangkat kamu akan menggunakan Face ID atau Touch ID untuk memverifikasi bahwa itu adalah kamu.

Semua kunci sandi akan dibuat dan disimpan di perangkat kamu dan kemudian disinkronkan di seluruh perangkat lain yang terhubung ke Apple ID kamu sebagaimana dilansir detikINET dari Ubergizmo.

Apple mengatakan bahwa teknologi ini didasarkan pada teknologi WebAuthn yang sudah ada, jadi seharusnya sudah familiar bagi beberapa pengembang.

Engineer otentikasi Apple Garrett Davidson mengatakan "Karena hanya satu ketukan untuk masuk, itu secara bersamaan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih aman daripada hampir semua bentuk otentikasi umum saat ini."

Meskipun demikian, keberhasilan fitur ini bergantung pada pengembang yang mengadopsinya. Jadi meskipun terdengar bagus di atas kertas, jika tidak ada yang memilih untuk menggunakannya, hal tersebut tidak akan begitu berguna. Artinya, password masih lama tetap akan jadi andalan.



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)