Samsung Sudah Tambal Celah Keamanan Qualcomm di Ponsel

Samsung Sudah Tambal Celah Keamanan Qualcomm di Ponsel

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 12 Mei 2021 04:21 WIB
A man walks behind a logo of Samsung Electronics at the companys headquarters in Seoul April 30, 2010.  REUTERS/Jo Yong-Hak/File Photo
Samsung Sudah Tambal Celah Keamanan Qualcomm di Ponsel Foto: Reuters
Jakarta -

Belum lama ini peneliti keamanan mengungkap celah di modem Qualcomm yang membuat jutaan ponsel terancam serangan hacker. Kabar baik untuk pengguna Samsung karena vendor asal Korea Selatan itu sudah menambal celah keamanan tersebut.

Samsung sudah menggulirkan patch untuk ponsel Galaxy yang menggunakan chip Qualcomm sejak bulan Januari 2021. Tapi mereka tidak mengungkap perangkat mana saja yang sudah ditambal.

Perangkat Samsung lainnya akan mendapatkan patch ini bersamaan dengan update keamanan bulan Mei 2021. Pengguna Samsung disarankan untuk langsung menginstal update tersebut di perangkatnya.

"Meski sejumlah perangkat Samsung telah ditambal mulai Januari 2021, sebagian besar perangkat Samsung dengan Android Security Patch Level 1 Mei 2021 atau lebih baru, akan dianggap terlindungi dari kerentanan yang diungkap," kata Samsung dalam catatan patch keamanan terbarunya, seperti dikutip dari 9to5Google, Rabu (12/5/2021).

"Samsung mendorong semua pengguna untuk memastikan perangkat mereka telah diperbarui begitu patch tersedia untuk perangkat," sambungnya.

Seperti diketahui, peneliti dari Check Point Research pertama kali mengungkap celah keamanan dengan kode CVE-2020-11292 di modem Qualcomm pada pekan lalu.

Celah ini memungkinkan hacker untuk mengakses data pengguna, memasukkan kode jahat ke Android, dan bahkan menguping percakapan telepon.

Qualcomm mengatakan solusi ini akan masuk dalam bagian dari patch keamanan Juni 2021 untuk sebagian besar ponsel Android. Solusi ini sebenarnya sudah tersedia sejak bulan Desember, tapi mungkin digulirkan secara diam-diam ke sebagian besar perangkat.

Qualcomm mengaku tidak tahu vendor ponsel mana saja yang sudah menambal celah ini di perangkatnya. Selain Samsung, Qualcomm juga bermitra dengan Google, Xiaomi, OnePlus, dan masih banyak lagi.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)