Gojek Edukasi Keamanan Digital Demi Pertumbuhan UMKM

Gojek Edukasi Keamanan Digital Demi Pertumbuhan UMKM

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 18 Feb 2021 15:44 WIB
Gojek
Foto: Gojek
Jakarta -

Selama pandemi ini, Gojek mengaku terus mendorong penguatan kompetensi keamanan digital untuk para mitra usahanya.

Tujuannya adalah untuk melindungi para mitranya dari modus penipuan rekayasa sosial (social engineering) yang marak terjadi. Kegiatan edukasi keamanan digital ini diklaim berhasil, karena pada akhir 2020 lalu angka penipuan digital yang terjadi di platformnya diklaim menurun drastis.

"Pada akhir 2020 lalu angka kasus yang dilaporkan semakin sedikit, trennya berkurang. Ini terjadi karena semakin tingginya awareness (kesadaran) tentang keamanan digital," ujar Novi Tandjung, Head of Merchant Platform Business, Gojek, dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/2/2021).

Program edukasi ini akan dilanjutkan Gojek pada 2021 dengan berkolaborasi bersama penggerak literasi digital Siberkreasi dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI. Program ini berupa edukasi dan pelatihan keamanan digital untuk ribuan mitra usaha, terutama UMKM.

Dengan kerja sama ini, Novi berharap program edukasi ini semakin bisa memberikan dampak positif terhadap mitra-mitra usaha di ekosistem Gojek, tak terbatas pada pengguna GoBiz dan mitra usaha GoFood saja.

Menurut Novi, Siberkreasi punya praktisi yang berpengalaman dalam memberikan edukasi untuk masyarakat mengenai pentingnya kompetensi digital. Nantinya mitra usaha GOjek bisa mendapat materi pelatihan ini dari para mentor di sesi Komunitas Partner GoFood, sesi reguler Bincang Biznis GoBiz, Temu Midtrans, dan a Cup of Moka, dan juga lewat media sosial Gojek.

"Kami percaya edukasi merupakan langkah yang sangat efektif untuk meningkatkan kewaspadaan mitra usaha terhadap berbagai modus penipuan oleh oknum. Inisiatif menyeluruh ini tidak hanya edukasi rutin mengenai langkah-langkah dalam memitigasi risiko penipuan, namun juga mendukung dari sisi peningkatan teknologi untuk keamanan mitra usaha," tambah Novi.

Program edukasi Gojek ini dirangkum dalam panduan bernama JAGA, yang merupakan kependekan dari:

  • Jangan transfer uang ke siapa pun.
  • Amankan data usaha dan data pribadi seperti OTP, nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV dan nomor lainnya.
  • Gunakan fitur kelola pegawai di aplikasi GoBiz untuk melindungi data usaha.
  • Adukan hal mencurigakan lewat menu bantuan di aplikasi GoBiz.
GojekGojek Foto: Dok. Gojek


Simak Video "Gojek Hadirkan Ruang Keamanan Publik Bagi Perempuan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)