Sepeda Canggih Presiden Joe Biden Rawan Diserang Hacker

Sepeda Canggih Presiden Joe Biden Rawan Diserang Hacker

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 22 Jan 2021 14:10 WIB
President Joe Biden. Source: Pool
Joe Biden. Foto: Pool via CNN
Washington -

Joe Biden telah dilantik sebagai presiden Amerika Serikat menggantikan Donald Trump. Pria berusia 78 tahun ini jelas akan mendapatkan pengawalan sangat ketat sebagai pemimpin negara adidaya, tapi kegemarannya bersepeda bisa menghadirkan ancaman tersendiri.

Untuk menjaga kesehatannya, Biden gemar bersepeda. Salah satunya memakai sepeda statis merek Peloton yang cukup dipakai di rumah. Di tempat tinggalnya di Wilmington, Delaware, Biden kabarnya memulai hari dengan bersepeda statis di ruang gym.

Peloton ini termasuk sepeda canggih, di mana di bagian depan ada tablet interaktif agar penggunanya bisa bergabung dalam kelompok latihan secara remote dan fungsi lainnya. Di masa pandemi di mana orang tak bisa leluasa keluar, sepeda Peloton pun mengalami kenaikan popularitas.

Nah masalahnya, tablet di sepeda itu dilengkapi dengan webcam dan mikrofon. Ini menimbulkan potensi keamanan siber di mana tablet itu bisa diambil alih hacker untuk memata-matai Joe Biden.

Sepeda PelotonSepeda Peloton. Foto: PCMag

"Karena Anda terkoneksi dengan internet, walau ada firewall dan software pendeteksi, itu bisa diakali jika pelakunya mumpuni dan terampil," kata pakar sekuriti dari University of Texas, Max Kilger.

"Jika Anda sungguh ingin Peloton itu aman, maka hilangkan kameranya dan mikrofonnya dan juga peralatan networking, (namun) sepeda ini tentu jadi membosankan," tambahnya seperti dikutip detikINET dari Guardian, Jumat (22/1/2021).

Pada tahun 2017, Michelle Obama yang waktu itu ibu negara sebagai istri Barak Obama juga memakai sepeda Peloton, namun sudah dimodifikasi sehingga tidak ada kamera maupun mikrofonnya. Mungkin saja perlakuan yang sama bakal dilakukan untuk Presiden Joe Biden.

"Ancamannya memang nyata tapi bisa diasumsikan risikonya bisa cukup dikendalikan dengan persiapan yang memadai," cetus Garret Graff selaku direktur keamanan cyber di Aspen Institute.



Simak Video " Ini Besaran Gaji Joe Biden Jadi Presiden AS"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)