Tingkatkan Keamanan Saat Work From Home, Ini Caranya

Tingkatkan Keamanan Saat Work From Home, Ini Caranya

Erika Dyah Fitriani - detikInet
Kamis, 21 Jan 2021 16:07 WIB
work from home
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pemerintah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai wilayah sebagai upaya pengendalian persebaran virus COVID-19. Salah satu aturan yang diterapkan dalam PPKM menuntut berbagai perusahaan untuk mengubah sistem kerja dengan menerapkan kebijakan Work From Home (WFH).

Kebijakan WFH atau remote working menawarkan fleksibilitas bagi para pekerja. Fleksibilitas ini juga dinilai dapat meningkatkan produktivitas kerja. Peralihan cepat yang menuntut para pekerja untuk melaksanakan WFH seringkali tidak diimbangi akses yang aman ke sistem perusahaan. Perusahaan perlu melengkapi keamanan siber pada perangkat dan sistem jaringan untuk terhindar dari malware atau phising yang dapat merugikan bisnis.

Melengkapi keamanan dalam sistem kerja jarak jauh sering kali dianggap rumit. Karena itu Cisco menawarkan solusi yang bisa memenuhi keamanan siber untuk pekerjaan jarak jauh dengan sistem yang sederhana dan terintegrasi dari satu sumber dalam Cisco Secure Remote Worker.

Berikut beberapa fitur pendukung keamanan sistem kerja jarak jauh yang penting untuk diperhatikan perusahaan:

Verifikasi Pengguna

Anda perlu memastikan pengguna yang akan masuk ke jaringan Anda adalah benar-benar yang memiliki izin akses tersebut. Cara yang dapat digunakan adalah melalui otentikasi multi-faktor (Multi-Factor Authentication/MFA). MFA memverifikasi identitas semua pengguna dengan faktor kedua sebelum memberikan akses ke jaringan perusahaan.

Cisco Duo memberi layanan verifikasi identitas semua pengguna, dan juga memeriksa perangkat yang meminta akses jaringan Anda untuk menentukan keamanan dan kepercayaan mereka. Teknologi ini mencegah seseorang mencuri kredensial untuk mendapatkan akses ke jaringan atau sistem Anda.

Akses Pribadi yang Aman

Untuk mendukung keamanan sistem kerja jarak jauh Anda dapat menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) sebagai syarat pekerja untuk tersambung dengan aman ke jaringan perusahaan meski berada di luar area perusahaan.

Cisco AnyConnect (VPN) memungkinkan pekerja untuk bekerja dari mana saja dengan amandan memastikan sistem jarak jauh dilengkapi dengan kebijakan tertentu yang harus dipatuhi pekerja sebagai bagian dari proses koneksi. Sistem yang tidak sesuai akan otomatis dicegah untuk mengakses jaringan sampai mereka memenuhi persyaratan kebijakan Anda. Cisco AnyConnect (VPN) juga terintegrasi dengan Cisco Duo, Cisco Umbrella, dan Cisco AMP for Endpoints untuk menyediakan lebih dari sekadar fungsionalitas VPN dasar.

Pertahanan Terkoordinasi dari Ancaman

Untuk mendukung keamanan sistem kerja jarak jauh, perusahaan dapat menerapkan pendekatan platform keamanan untuk cloud, email, hingga endpoint. Cisco SecureX menawarkan pengamanan berupa pertahanan terkoordinasi dari ancaman yang dapat mengamankan pekerjaan jarak jauh dengan platform cloud-native.

Cisco SecureX memberikan kesederhanaan, visibilitas terpadu, dan efisiensi operasional. Serta terkoordinasi dengan Cisco Umbrella, Cisco Email Security, serta Cisco AMP for Endpoints. Perlindungan keamanan siber dari Cisco bisa wujudkan solusi keamanan sistem kerja jarak jauh dengan teknologi yang tepat.

(akn/ega)