Akun Spotify Pernah Dipakai Orang Tak Dikenal? Mungkin Ini Penyebabnya

Akun Spotify Pernah Dipakai Orang Tak Dikenal? Mungkin Ini Penyebabnya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 24 Nov 2020 21:44 WIB
LOS ANGELES, CALIFORNIA - MARCH 26: Free Spirit and Spotify branding at Khalid Performs For His Biggest Spotify Fans To Celebrate His Forthcoming Album Free Spirit on March 26, 2019 in Los Angeles, California. (Photo by Matt Winkelmeyer/Getty Images for Spotify)
Ilustrasi logo Spotify. Foto: Matt Winkelmeyer/Getty Images for Spotify
Jakarta -

Mungkin Anda pernah mengalaminya, yaitu saat ada lagu yang tak pernah didengarkan tiba-tiba muncul di catatan akun Spotify Anda. Atau malah, Spotify Anda sedang dipakai di perangkat lain yang tak dikenal saat mau mendengarkan lagu.

Bukan, ini kemungkinan besar bukan karena ada hacker yang menjebol server Spotify untuk mencuri akun dan password penggunanya. Meskipun saat ini ada hacker yang memegang sekitar 350 ribu akun Spotify yang bukan milik mereka.

Hacker tersebut hanya mengakses database password dan akun yang pernah dicuri dari layanan lain. Hal ini diutarakan oleh peneliti keamanan bernama Ran Locar dan Noam Rotem, yang dipublikasikan di situs vpnMentor.

Menurut Locar dan Rotem, hacker tersebut hanya mencoba-coba password tersebut di layanan Spotify, atau bahasa kerennya adalah credential stuffing. Pasalnya, banyak pengguna yang memakai password yang sama untuk berbagai layanan.

Alhasil, saat salah satu akun tersebut dijebol hacker, maka passwordnya akan tersebar di dunia maya. Dari situ, tinggal ditunggu saja kapan akun yang lainnya bakal diakses oleh orang tak dikenal.

"Pelajarannya untuk pengguna adalah, jangan menggunakan password Anda berulang kali. Karena pada suatu saat, salah satu di antaranya akan bocor," ujar Locar.

Memang, password Spotify yang bocor itu tak diketahui bakal dipakai untuk apa. Namun ada sejumlah kemungkinan, salah satunya adalah password tersebut akan 'disewakan' ke pengguna lain dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang harga normal.

Namun hal itu tak akan berlangsung lama, karena Spotify bakal meminta pengguna untuk me-reset passwordnya jika ketahuan sudah dipakai orang tak dikenal, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (24/11/2020).



Simak Video "Setelah Twitter, Kini Giliran Spotify Bikin Format Stories"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)