Bahaya! Bug Instagram Bisa Bikin Peretas Ambil Alih Smartphone

Bahaya! Bug Instagram Bisa Bikin Peretas Ambil Alih Smartphone

Josina - detikInet
Jumat, 25 Sep 2020 22:35 WIB
Ilustrasi Instagram
Bug Instagram Bisa Bikin Peretas Ambil Alih Smartphone (Foto: Instagram)
Jakarta -

Instagram dilaporkan memiliki bug yang dianggap mengerikan. Sebabnya bug ini akan memungkinkan peretas untuk mengambil alih ponsel si korban.

Yang membuat ngerinya adalah, bukan hanya akun Instagram saja yang diambil alih, tetapi juga isi dari keseluruhan ponsel tersebut. Celah ini pun ditemukan oleh peneliti keamanan siber Check Point Security.

Sejak itu Instagram telah memperbaiki kerentanan tersebut. Ini artinya jika pengguna menjalankan versi terbaru Instagram dipastikan aman dari serangan ini.

Kabar baiknya adalah serangan ini agak sulit dilakukan, sebab peretas perlu mengirimkan gambar yang dimuat dengan kode berbahaya korban si pemilik ponsel.

Korban kemudian perlu membuka akun Instagram mereka dan mengunggah foto tersebut. Ini berarti ada beberapa langkah dalam proses serangan siber ini yang harus diselesaikan agar peretasan dapat berjalan.

Idenya adalah bahwa aplikasi seperti Instagram akan meminta izin pengguna ke fitur tertentu pada ponsel dan dengan mengeksploitasi bug ini, kode dalam gambar kemudian dapat mendukung izin untuk mendatangkan malapetaka.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Jumat (25/9/2020) mengutip pernyataan Instagram dari Business Insider, Kepala Penelitian Dunia Maya Check Point Yaniv Balmas mengatakan orang perlu meluangkan waktu untuk mengatur setiap izin yang dimiliki aplikasi di perangkat pengguna.

"Pesan 'aplikasi meminta izin' ini mungkin tampak seperti beban, dan mudah untuk hanya mengklik 'Ya' dan melupakannya. Namun dalam praktiknya, ini adalah salah satu garis pertahanan terkuat yang dimiliki setiap orang terhadap serangan dunia maya seluler. " jelasnya.

Instagram juga mencatat bahwa hingga saat ini, tidak ada laporan atau contoh di mana peretasan berhasil dieksploitasi.



Simak Video "Kupas Tuntas Cari Uang Lewat Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)