Cara Mengatasi Akun Email Cs yang Diretas - Halaman 2

Cara Mengatasi Akun Email Cs yang Diretas

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 23 Agu 2020 06:28 WIB
Hacker Rusia Berhasil Membobol Jaringan Komunikasi Pemerintah Jerman
Foto: DW (News)

Apa yang Harus Dilakukan Jika Menerima Pesan Tebusan dari Hacker?

Kaspersky menjelaskan terkadang hacker akan menghubungi dan mengklaim kalau akun kalian telah disusupi, kemudian menginfeksi komputer dengan malware berbahaya, merekam video menggunakan kamera web, menyalin pesan, atau sejenisnya. Setelah itu, hacker biasanya mengancam untuk menyebarkan data yang telah dicuri, jika kalian tidak mengirimkan uang tebusan.

Faktanya, kata Kaspersky, kecil kemungkinannya ada orang yang meretas perangkat kalian. Scammer diketahui sering mengirim surat pemerasan dalam berbagai institusi, termasuk ke alamat di berbagai database spam. Jika kalian ingin bermain aman, lanjutkan dan ubah password akun yang diduga diretas, tak ada salahnya mengubah kata sandi secara berkala.


Bagaimana Menghindari Jadi Korban Peretasan?

Tentunya kesadaran mengamankan akun kalian sejak awal adalah kuncinya agar tidak mudah dibobol hacker. Oleh karena itu, meskipun kalian bukan korban peretasan, pastikan akun kalian terlindungi dengan cara sebagai berikut:

- Menggunakan password yang kuat dan unik
- Mengaktifkan otentikasi dua faktor
- Instal solusi perlindungan yang andal di seluruh perangkat kalian. Penting untuk memiliki paket yang tidak hanya memblokir malware, tapi juga memperingati jika kredensial seluruh layanan yang kalian gunakan mengalami kebocoran.

(agt/fay)