Viral Perangkat Pengguna Zoom Diretas, Ini Kata Pengamat

Viral Perangkat Pengguna Zoom Diretas, Ini Kata Pengamat

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 23 Apr 2020 09:40 WIB
Zoom Cloud Meeting
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Sebuah video viral di WhatsApp yang memperlihatkan laporan pengguna Zoom yang perangkatnya diretas. Benarkah demikian?

Video berdurasi hampir 3 menit ini diawali dengan suara perempuan yang mewanti-wanti pengguna Zoom, baik yang jadi host maupun partisipan, untuk segera hapus akunya. Selain itu putus akses Zoom dari akun Google.

Sebab dia mendapati kursor di komputernya berjalan sendiri menuju kelola akun Google. Kejadian serupa di ponselnya, layar bergerak sendiri mengakses WhatsApp, Instagram dan aplikasi mobile banking.

"Jadi setop aja pakai Zoom, baik cuma join meeting atau apalagi menjadi host. Saya aja yang join meeting tanpa melibatkan email aja tiba-tiba keganti gini," katanya.

"Ngeri banget deh Zoom, jangan pernah dipakai lagi, mending putus akses. Jangan pernah anggep enteng. Saya awalnya anggep enteng karena awalnya tidak pernah mengaitkan email, saya hanya join. Dan ternyata join pun itu ter-detect semua data-data kita, jadi mending dihapus aja," pungkasnya.

Setelah mendapatkan video ini, detikINET pun coba menanyakan ke pakar keamanan internet dari Vaksincom Alfons Tanujaya. Menurutnya ada dua kemungkinan yang terjadi.

Pertama korban diisengi oleh temannya. Ini sejenis prank untuk menakut-nakuti orang dengan mengambil alih layar.

"Temannya memasukkan program prank yang dikirim via WhatsApp atau email yang dipalsukan seakan-akan file video atau foto yang ketika di klik gagal jalan karena korup. Padahal sebenarnya mengaktifkan file remote kontrol," kata Alfons saat dihubungi detikINET.

Kemungkinan kedua menjadi korban keylogger yang berhasil mengetahui semua data kredensialnya. Bisa keylogger terinstall bersamaan dengan program gratisan.