Terpopuler Sepekan: Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos

Terpopuler Sepekan: Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos

Tim - detikInet
Sabtu, 25 Jan 2020 17:00 WIB
Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos (Foto: GettyImages)
Jakarta -

Seminggu ini, isu keamanan siber jadi perhatian banyak orang. Kasus pembobolan telepon Ilham Bintang dan Jeff Bezos jadi pemberitaan.

Awal pekan ini dibuka dengan kasus pembobolan SIM Card dan rekening milik wartawan senior Ilham Bintang. Saat sedang liburan ke Australia, Ilham Bintang mendapati uangnya di Commonwealth Bank dikuras habis. Kerugian mencapai ratusan juta rupiah termasuk di BNI dan sejumlah rekening bank lain.

Rupanya, ini berawal dari pembobolan SIM Card Indosat yang dimilikinya. Pelaku berpura-pura jadi Ilham Bintang, lantas meminta pergantian SIM Card di gerai Indosat Bintaro Jaya Exchange.


Ilham menduga memang sudah diincar sindikat penjahat siber. Sementara Indosat mengakui ada kelemahan pengawasan verifikasi di lapangan, namun siap membantu semua proses. Hal yang sama disampaikan Commonwealth Bank, meskipun lantas Ilham menutup rekeningnya di sana.

Ilham sudah melapor ke Polda Metro Jaya. Kasus ini kini sedang dalam penyidikan polisi. Ilham Bintang mengatakan dia sudah memberikan keterangan kepada polisi pada Kamis (23/1) dan OJK pada Jumat (24/1).

"Semoga musibah yang menimpa saya ini jadi momentum perbaikan perlindungan masyarakat khususnya kepada 171 juta pengguna telepon selular internet," kata Ilham kepada detikcom, Sabtu (25/1/2020).



Simak Video "Begini Aksi Para Tersangka Saat Membobol Rekening Ilham Bintang"
[Gambas:Video 20detik]