Jumat, 08 Nov 2019 22:10 WIB

Ini Dia Antivirus Terbaik untuk PC dan Laptop

Sudiarto Putra - detikInet
Antivirus terbaik. Foto: yud/detikINET Antivirus terbaik. Foto: yud/detikINET
Jakarta - Antivirus menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Antivirus juga berfungsi untuk menjaga keamanan komputer. Dan apa saja antivirus terbaik yang bisa kamu gunakan?

Antivirus merupakan software yang sangat membantu upaya dalam melindungi komputer dari serangan virus yang bisa datang kapan saja. Entah apabila kita sedang membuka email, melakukan download atau berbagi file melalui flashdisk dan perangkat lainnya.


Sudah pasti hal ini tidak ada yang ingin mengalaminya, itulah mengapa menggunakan antivirus merupakan kewajiban bagi pengguna PC atau Laptop. Nah beberapa diantaranya dapat diunduh secara gratis dan memiliki fitur yang tidak kalah bagus dengan versi premium.

Berikut beberapa daftar antivirus yang telah dirangkum oleh detikINET:

1. Avira Free Security Suite

Avira merupakan antivirus paling ringan dan ampuh yang bisa dipilih. Versi gratisnya telah menawarkan berbagai macam kelebihan yang layak diperhitungkan. Avira mampu melakukan proteksi PC dari serangan virus, adware, spyware, program back door dan perangkat lunak lainnya.

Avira juga dapat mendeteksi malware/virus baru yang belum diketahui sebelumnya. Fitur yang dimiliki Avira juga menarik, tidak selalu ada pada antivirus lainnya.

Kelebihan Avira Security Suite

· Melindungi PC dan Laptop dari berbagai serangan jenis virus, baik itu jenis virus sederhana ataupun virus yang lebih kompleks dan canggih.

· Dapat mengidentifikasi virus secara otomatis.

Kekurangan Avira Security Suite

· Versi gratisnya hanya digunakan secara personal.

· Proses instalasi membutuhkan waktu yang lama berbeda dengan antivirus lain.
· Fitur keamanan real time cukup mengganggu.

2. Avast Free Antivirus

Antivirus ini termasuk salah satu antivirus yang ringan dan handal yang memiliki tingkat perlindungan dan keamanan terbaik. Avast memiliki 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya jangan khawatir, kemampuannya juga sangat bagus.

Beberapa fitur yang terdapat di antivirus ini yaitu CyberCapture untuk membersihkan adanya ancaman, atau WiFi Inspector untuk mengamankan jaringan WiFi. Avast juga terdapat Smart Scan yang berfungsi untuk mendeteksi ancaman keamanan dan Game Mode yang mengatur notifikasi dan Behaviour Shield sebagai pengawas aplikasi.

Avast bisa dioperasikan pada berbagai sistem operasi windows seperti, Windows Xp, Vista, Windows 7, 8 dan Windows 10.

Kelebihan Avast Antivirus

· Fitur keamanan real time dan scanning lengkap.
· Fitur password manager untuk keamanan akun.

Kekurangan Avast Antivirus

· Sering muncul pop-up, berbagai iklan promosi dari Avast.
· Sering melakukan proses penginstalan/update terhadap perangkat lunak yang tidak memiliki keterkaitan dengan Avast.

3. Antivirus AVG

Antivirus ini resmi diakusisi Avast Software di tahun 2016, AVG juga telah lama menjadi software antivirus yang bisa diandalkan. AVG juga memiliki fitur web protection yang melindungi aktivitas browsing. AVG Free Antivirus juga memiliki real-time security updates yang lebih aman. Antivirus ini gratis dan juga bisa didownload apabila ingin memilikinya.

Kelebihan Antivirus AVG

· Aman apabila terjadi kesalahan deteksi.
· Antivirus ini tidak langsung menghapus file/virus yang terdeteksi seperti antivirus lainnya, AVG hanya melakukan karantina.
· Memiliki fitur yang dapat melakukan scan terhadap keamanan tautan di website yang sedang dijelajahi oleh user lewat browser.

Kekurangan Antivirus AVG

· Sering salah saat mengidentifikasi file exe sebagai virus.
· Penggunaannya agak rumit.

4. Smadav

Antivirus Smadav termasuk merupakan aplikasi gratis yang didirikan dan dikembangkan oleh developer dari Indonesia. Antivirus ini mampu mengatasi virus yang bereda secara lokal saja. Antivirus ini sangat ringan dan juga ampuh dalam menanggulangi virus computer yang cukup mengganggu.

Kelebihan Smadav

· Efektif mendeteksi dan membasmi virus lokal berbahaya

· Memberikan perlindungan cukup baik terhadap koneksi external seperti flashdisk, memory card dan perangkat sejenis lainnya.

Kekurangan Smadav

· Belum mampu melakukan proteksi virus asing, hanya bisa mengatasi virus lokal Indonesia saja.

5. Comodo

Antivirus ini cocok digunakan bagi pengguna laptop berbasis Windows. Comodo melindungi laptop dan PC dari serangan malware dengan cara scanning. Antivirus ini juga mengusung phising protection serta malicious URL blocking. Antivirus ini cocok untuk melindungi laptop dari serangan virus dan malware.

Kelebihan Antivirus Comodo

· Ringan dan gratis untuk digunakan.
· Kompatibel digunakan untuk berbagai versi Windows.

Kekurangan Antivirus Comodo

· Fitur yang dimiliki kurang lengkap.

6. Sophos Home

Sophos Home merupakan antivirus yang hanya melindungi laptop atau PC personal tapi seluruh penghuni rumah. Antivirus ini bisa melindungi seluruh perangkat computer dari serangan malware. Sophos Home juga bisa memblokir situs bahaya saat melakukan aktivitas di dunia maya. Antivirus yang pas untuk computer berbasis Windows dan Mac OS ini juga bisa melindungi 10 perangkat sekaligus.

Kelebihan Sophos Home

· Mampu memblokir URL yang berbahaya.
· Handal dalam menangani ransomware, keylogger dan sebagainya.

Kekurangan Sophos Home

· Fitur perangkat ini kurang mudah dipahami sehingga meyulitkan bagi pemula.

7. 360 Total Security

Antivirus ini dikenal dengan antivirus yang memiliki fitur terbanyak dan juga terlengkap. Antivirus ini termasuk salah satu antivirus yang ringan dan handal yang memiliki tingkat perlindungan dan keamanan terbaik. keberadaan fitur-fitur yang juga terdapat pada antivirus lain seperti Web Protection dan Auto-scanning of Files, ditambah juga dengan ragam fitur lainnya dijamin membuat laptop dan PC kamu semakin aman.

Kelebihan 360 Security

· Fitur untuk digunakan sangat lengkap.
· Scan file otomatis setelah dipindahkan.



Simak Video "Dibanderol hingga Rp 55 Juta, Ini Penampakan Deretan ZenBook Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)