Selasa, 01 Okt 2019 11:18 WIB

Mantan Engineer Mengaku Meretas Ribuan Akun Yahoo

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: DW (News) Foto: DW (News)
Jakarta - Seorang mantan karyawan Yahoo mengaku bersalah dalam pengadilan federal di San Jose, Amerika Serikat, karena sudah meretas ribuan akun pengguna Yahoo.

Reyes Daniel Ruiz, 34 tahun, mengaku meretas untuk mencuri gambar dan video porno dari korbannya. Hal ini diungkapkan oleh Jaksa Penuntut David L. Anderson, dan Special Agent in Charge dari FBI John F Bennet dalam keterangannya.

Di Yahoo, Ruiz bekerja sebagai software engineer, dan ia mengaku memanfaatkan akses yang dimilikinya untuk meretas sekitar 6.000 akun Yahoo. Targetnya adalah wanita muda, termasuk teman dan rekan sekantornya.

"Setelah ia mempunyai akses ke akun Yahoo, Ruiz mengaku juga menjebol akun iCloud, Facebook, Gmail, DropBox, dan bermacam akun lainnya milik si korban untuk mencari gambar dan video pribadi milik mereka," seperti yang tertera dalam pernyataan tersebut.


Kemudian ia mengkopi gambar dan video yang ia temukan dan menyimpannya di rumah. Ruiz sejatinya didakwa atas peretasan sebuah komputer dan sebuah intersepsi komunikasi, namun dalam perjanjiannya ia hanya mengaku bersalah atas peretasan komputer.

Ruiz bakal dijatuhi hukuman pada 3 Februari 2020, di mana ia terancam hukuman lima tahun penjara dan denda sebesar USD 250 ribu, demikian dikutip detikINET dari CNN, Selasa (1/10/2019).

Simak Video " Siap-siap! Yahoo Groups Bakal Tutup, Semua Konten Dihapus Permanen"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)