Waspadai 5 Ancaman Kejahatan Cyber - Halaman 3

Waspadai 5 Ancaman Kejahatan Cyber

ADVERTISEMENT

Waspadai 5 Ancaman Kejahatan Cyber

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 29 Agu 2019 07:50 WIB
Halaman ke 3 dari 3
Waspadai 5 Ancaman Kejahatan Cyber
Foto: Gettyimages

Peranan Petinggi Perusahaan Mengatasi Ancaman

Meskipun ancaman cyber kian nyata berpotensi mengganggu operasional perusahaan, merusak reputasi dan menghabiskan biaya tinggi, sebagian besar petinggi perusahaan belum memperhatikan keamanan cyber dalam organisasi mereka.

Dua poin penting yang terdapat dalam survei Grant Thornton adalah:

 Satu dari tiga perusahaan menengah memiliki petinggi perusahaan yang bertanggung jawab khusus dalam mengkaji risiko dan manajemen cyber.
 Sekitar enam dari sepuluh perusahaan tidak memiliki rencana bagaimana merespons terhadap insiden cyber.

Nyatanya, hal ini perlu diubah dan ada peluang besar bagi para pemimpin perusahaan untuk membuat perbedaan yang nyata. Menurut 'Cost of a Data Breach Study: Global Overview 2018' biaya rata-rata per berkas yang hilang dalam kebocoran data adalah USD 148.

Namun, untuk setiap berkas yang hilang, ditemukan bahwa secara rata-rata USD 13 akan dihemat melalui keterlibatan para petinggi perusahaan melalui manajemen risiko cyber dan penunjukan Chief Information Security Officer.


Ini berarti, jika sebuah bisnis kehilangan 50.000 berkas selama kebocoran data, keterlibatan petinggi perusahaan dapat menyelamatkan anggaran perusahaan sekitar USD 650 ribu per kebocoran.

Kepemimpinan yang efektif dari petinggi perusahaan dapat membantu memastikan investasi yang tepat dan terarah pada risiko bisnis yang penting ini.

"Perkembangan teknologi yang sangat cepat mendorong pentingnya para pemimpin perusahaan mengetahui kemungkinan ancaman cyber serta menyiapkan berbagai strategi menghadapinya. Para petinggi perusahaan juga harus memastikan pengetahuan mengenai ancaman cyber serta kerahasiaan data dimiliki oleh seluruh pegawai," pungkas Johanna.

(rns/krs)
Halaman
Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT