Rabu, 14 Agu 2019 19:30 WIB

Viral Ponsel Kena Hack dan Disadap Usai Klik Link, Mungkinkah?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Unspslah Foto: Unspslah
Jakarta - Baru-baru ini viral cerita seorang netizen yang merasa ponselnya kena hack atau disadap pada bagian kamera setelah mengakses link tertentu. Apa hal ini memungkinkan?

Pertanyaan tersebut coba diajukan detikINET kepada Pengamat Sekuriti dan Aplikasi Finansial Vaksincom Alfons Tanujaya. Ia bukan cuma membenarkan kemungkinan semacam itu, melainkan juga menegaskan pentingnya mewaspadai link yang diterima.

"Jelas memungkinkan kalau mau menyadap lewat link. Link kan dengan mudah bisa diarahkan ke mana saja," jelas Alfons melalui pesan singkat.

"Salah satunya menjalankan keylogger atau trojan. Link itu juga mudah disamarkan dengan url shortener (pemendek url) seperti bit.ly sehingga tidak ketahuan sebenarnya apa yang ada di balik link itu," lanjutnya.




Dalam kasus yang viral di Twitter tersebut Alfons turut menduga adanya unsur rekayasa sosial, di mana teman si korban berpura-pura minta pertolongan. Hal itu bikin korban percaya, mengklik link, dan menyetujui aktivasi kamera dan lainnya.

"Ini memang yang melakukan rekayasa itu sengaja dan korbannya percaya karena itu kan temannya," sambungnya.

Belajar dari kasus tersebut, Alfons pun mengingatkan untuk ekstra waspada dalam mengakses link yang bahkan tidak kita ketahui keamanannya. Dengan kata lain, tahan rasa kepo jika tidak tahu persis apa isi link tersebut.

"Untuk mencegah menjadi korban link yah simpelnya JANGAN sembarangan di klik link yang tidak diketahui keamanannya," tegasnya.




Lantas bagaimana mengenali link yang aman?

Alfons menjelaskan, link bisa disamarkan sehingga akan sedikit sulit menilai keamanan cuma dari melihat link itu saja. Setelah diakses atau dijalankan lebih dulu barulah akan terlihat apa yang terkandung di dalam link tersebut.

"Kalau mau tahu, buka, saya di browser PC. Akan lebih mudah kelihatan. Kalau di HP kadang memang link di desain sedemikian rupa sehingga korbann yang menggunakan HP terkecoh. Kan layarnya kecil dan terbatas sehingga tidak semua informasi terlihat," tuturnya.





Simak Video "Viral! Sindiran Iklan Setan Gorengan yang Bikin Ngakak"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed