Rabu, 23 Mei 2018 21:18 WIB

Meretas Sekolah Demi Ganti Nilai & Makan Gratis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Sistem informasi milik Bloomfield Hills High School di Michigan baru-baru ini diretas oleh murid-muridnya. Murid-murid itu berhasil mendapatkan akses tidak sah ke Sistem Informasi Murid MISTAR.

"Salah satu pegawai kami yang menggunakan sistem itu memperhatikan sesuatu yang janggal saat login dan kemudian menanyakan beberapa pertanyaan dan dirujuk ke help desk," kata pengawas distrik sekolah, Robert Glass, seperti dikutip detikINET dari Forbes, Rabu (23/5/2018).

Ketika murid-murid berhasil login ke sistem, mereka langsung mengganti nilai mereka. Mereka juga mengganti nilai murid-murid lain untuk menutup jejak.

Selain itu, mereka juga mencoba menambah pundi-pundi uang. Murid-murid itu menggunakan akses tersebut untuk mengajukan pengembalian dana dari pembelian makan siang.

Belum diketahui bagaimana murid-murid ini berhasil meretas sistem milik sekolah. Namun kemungkinan besar, berdasarkan skenario serupa, murid-murid itu menargetkan pegawai sekolah yang memiliki akses ke MISTAR dengan email berbahaya. (jsn/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed