Rabu, 14 Sep 2016 14:04 WIB

Sayembara Google Iming-imingi 'Hacker' Rp 2,6 Miliar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Google punya sebuah tim khusus bernama Project Zero, yang berisi internal Google dengan latar belakang peneliti keamanan. Tim tersebut kemudian mengadakan sayembara berhadiah USD 200 ribu atau sekitar Rp 2,6 miliar (USD 1 = Rp 13.200).

Project Zero punya satu tujuan, yaitu menemukan celah-celah keamanan dan bug yang ada di sistem operasi Android. Begitu pula dengan sayembara yang mereka adakan, yang mengajak para 'hacker' untuk berlomba mencari celah-celah keamanan tersebut.

Ganjaran USD 200 ribu akan diberikan ke pemenang pertama, sementara pemenang kedua akan mendapat hadiah USD 100 ribu, dan USD 50 ribu akan dipecah dan dibagikan ke peserta-peserta yang lain.

Peserta kompetisi ini tak bisa sekadar mencari celah keamanan, melainkan harus mencari celah yang bisa dipakai untuk mengeksekusi kode remote untuk mencuri nomor telepon dan alamat email.

Persyaratan ini terbilang sulit, sehingga ada kemungkinan kalau nantinya tak ada pemenang dalam kompetisi ini, demikian dikutip detikINET dari Android Police, Rabu (14/9/2016).

Namun jika ada yang berhasil menemukan celah tersebut, mereka bisa mengirimkan hasil temuannya melalui sebuah formulir di laman Android issue tracker, dan mengirimkannya ke tim Project Zero.

Nantinya si pemenang juga harus menuliskan temuannya itu dalam blog milik Project Zero. Kompetisi ini terbuka sampai enam bulan mendatang, sehingga masih banyak waktu untuk mencari celah keamanan di OS robot hijau tersebut. (asj/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed