BERITA TERBARU
Jumat, 27 Nov 2015 08:41 WIB

Sehebat Apa Sih Hacker Anonymous Itu?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
ilustrasi (ist) ilustrasi (ist)
Jakarta - Belakangan ini grup hacker Anonymous kembali naik daun, pasca mereka melakukan serangan balasan terhadap ISIS yang melakukan serangan teror di Paris. Siapakah Anonymous dan setinggi apa sih kemampuannya?

Rupanya, siapa pun bisa mengklaim dirinya menjadi Anonymous. Ya, siapa pun. Menurut Alexander Gostev Chief Security Expert Kaspersky, tanpa perlu mendaftar atau memenuhi standar apa pun, siapa saja bisa mengklaim dirinya sebagai Anonymous.

"Siapa pun bisa menjadi Anonymous, meski cuma punya skill sekadarnya," singkat Gostev kepada detikINET di Jakarta.

Hal ini juga yang membuat Gostev hanya bisa menggelengkan kepalanya ketika ditanya setinggi apa kemampuan para hacker tersebut. "Tidak bisa menilai, rentangnya terlalu jauh. Dari yang sangat jago hingga yang biasa saja," ujarnya.

"Mereka bisa saja seorang hacker jahat yang menyerang bank di siang hari dan menjadi Anonymous di malam hari. Atau bisa juga cuma seorang script kiddies, yang cuma bisa menggunakan tool hacker lain tanpa bisa mengembangkannya sendiri," lanjut pakar keamanan cyber dari Kaspersky ini.

Maka dari itu, kemampuannya pun juga bermacam-macam. "Ya mereka bisa saja seseorang yang bisa menembus sistem dengan tingkat keamanan tinggi, atau sekadar melakukan DDoS (distributed denial of service-red)," ujarnya sambil tertawa.

(asj/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed