Diserang Hacker, Puluhan Pesawat Gagal Terbang

Diserang Hacker, Puluhan Pesawat Gagal Terbang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 22 Jun 2015 14:16 WIB
Ilustrasi, (gettyimages)
Jakarta - Sekitar 1.400 penumpang Polish Airline terkatung-katung di bandara Chopin, Warsawa, setelah pesawat yang seharusnya mereka tumpangi tak diizinkan terbang. Penyebabnya adalah sistem komputer milik Polish Airline yang diretas oleh hacker.

Sistem komputer yang dimaksud, menurut Polish Airline, digunakan untuk membuat rencana penerbangan. Dan mereka membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Akibat ulang hacker itu, sekitar 10 penerbangan maskapai milik pemerintah Polandia itu terpaksa dibatalkan, dan sekitar 12 penerbangan lain mengalami keterlambatan, seperti yang diungkap Adrian Kubicki, juru bicara Polish Airline.

Bobolnya sistem komputer Polish Airline ini juga harus diwaspadai oleh maskapai lain. "Kami sudah menggunakan sistem komputer yang paling canggih, jadi ini juga bisa menjadi ancaman bagi industri lain," tambah Kubicki.

Penerbangan yang sempat tertunda dan dibatalkan itu akhirnya bisa diberangkatkan dengan selamat. Kubicki juga menjamin keamanan dari penerbangan itu sudah tak terpengaruh oleh insiden peretasan.

Ia juga menyebut bahwa insiden peretasan itu tak mempengaruhi sistem komputer Polish Airline di bandara lain. Dan kini serangan hacker itu sedang diinvestigasi oleh pihak berwajib, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Senin (22/6/2015).

(asj/ash)