Kamis, 05 Apr 2012 13:38 WIB

Wah, 600 Ribu Komputer Mac Diserang Trojan

- detikInet
Komputer Mac (ist) Komputer Mac (ist)
Jakarta - Komputer Apple Mac baru saja diterjang serangan program jahat bernama Flashback Trojan. Menurut perusahaan sekuriti Rusia, Dr Web, infeksi trojan tersebut sudah melanda sekitar 600 ribu komputer Mac.

Dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (5/4/2012), sebanyak 57% komputer Mac yang terinfeksi berlokasi di Amerika Serikat. Sedangkan 20% di Kanada dan sisanya di negara-negara lain.

Program jahat ini pertama kali diidentifikasi pada September 2011. Ia menyamar sebagai plug in installer Adobe Flash Player palsu, namun dalam beberapa bulan terakhir mengeksploitasi lubang keamanan di Java.

Sekali terinstall, Flashback akan menginjeksi kode ke browser web dan aplikasi lainnya seperti Skype untuk mencuri password pengguna dan juga informasi lainnya.

Apple sendiri sudah bertindak sigap dengan menambal celah keamanan tersebut. Mereka baru saja merilis tambalan untuk OS X 10.6 (Snow Leopard) dan 10.7 (Lion).

Komputer Mac sendiri sejatinya dinilai cukup aman dari terjangan program jahat. Namun bukan berarti sepenuhnya bebas dari virus sehingga kewaspadaan tetap diperlukan.




(fyk/ash)