Virus-virus Mematikan Selain Corona Sepanjang Sejarah

ADVERTISEMENT

Virus-virus Mematikan Selain Corona Sepanjang Sejarah

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 31 Jan 2022 22:02 WIB
Ilustrasi masker, pandemi covid-19, ilustrasi vaksin, ilustrasi pasien covid-19
Foto: AP/Vadim Ghirda
Jakarta -

Dunia masih berjuang melawan pandemi COVID-19. Sepanjang sejarah, manusia di Bumi sudah mengalami berbagai wabah dan pandemi penyakit.

Selain COVID-19, Bumi kita pernah dilanda wabah penyakit lain. Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang pernah melanda dan menjadi wabah, dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

1. Pes

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis yang dibawa oleh kutu yang tinggal di tubuh tikus. Orang terinfeksi penyakit pes melalui gigitan kutu tikus atau gigitan tikus yang sudah terinfeksi. Penyakit Pes ini terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan bagian tubuh yang terinfeksi. Penyakit Pes pernah menjadi wabah dalam beberapa kurun waktu, yakni:

  • Wabah Pes tahun 541 - 542
    Dikenal sebagai wabah Justinian. Wabah ini menyerang Kekaisaran Bizantium dan kota-kota pelabuhan Mediterania. Korban yang tewas akibat penyakit ini mencapai 30-50 juta jiwa atau sekitar 10% dari populasi Konstantinopel.
  • Wabah Pes tahun 1346 - 1353
    Wabah ini awal mulanya terjadi di daratan Eropa dan dikenal sebagai Black Death. Wabah ini menyebabkan 25 jiwa meninggal dan menghancurkan tiga benua sekaligus yaitu Asia, Afrika, dan Eropa.

2. Kolera

Wabah Kolera terjadi sekitar tahun 1817 - 1823. Pertama kali berasal dari Jessore, India, wabah Kolera menyebar dari sungai Gangga hingga ke Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika Utara.

Seorang dokter di Inggris bernama John Snow berhasil melacak penyebab wabah ini berasal dari air yang tercemar dan disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae yang menginfeksi saluran cerna yaitu usus halus.

3. Flu Spanyol

Penyakit ini disebabkan oleh virus H1N1 yang biasanya menyerang burung. Faktanya, penyakit ini tidak berasal dari negara Spanyol, namun pemberitaannya berasal dari situ, sehingga sampai sekarang disebut sebagai Flu Spanyol.

Penyakit ini terjadi tahun 1918 - 1920 saat berlangsung Perang Dunia I sehingga memperparah situasi pandemi. Sekitar 500 juta orang menjadi korban Flu Spanyol dan sekitar seperlima dari total tersebut meninggal dunia.

4. Flu Asia

Flu Asia berasal dari wabah pandemi influenza A subtipe H2N2. Awalnya, penyebaran ini bermula di China pada 1956 - 1958. Wabah ini menyebar dari provinsi Guizhou, China ke Singapura, Hong Kong, dan Amerika Serikat. Flu Asia tercatat menyebabkan kematian sebanyak 2 juta jiwa.

5. Flu Hong Kong

Menginfeksi pertama kali di Hong Kong pada tahun 1968 dan berlangsung sampai tahun 1970. Penyebabnya adalah virus influenza A tipe H3N2. Kasus Flu Hong Kong pertama kali dilaporkan pada 13 Juli 1968.

Hanya butuh waktu tiga bulan bagi virus ini menyebar dan menyerang penduduk Singapura, Vietnam, Filipina, India, Australia, Eropa, hingga Amerika Serikat. Total kematian kasus Flu Hong Kong tercatat 1 juta jiwa.

Selanjutnya: HIV/AIDS hingga Ebola

6. HIV/AIDS

Disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV) sehingga menyebabkan terjadinya Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS). Berawal dari virus simpanse di Afrika Barat tahun 1920-an, penyakit ini ditemukan pertama kali tahun 1976 di Kongo dan ditetapkan sebagai pandemik global sejak tahun 1981. Sampai sekarang, penyakit ini masih ditemukan. HIV/AIDS tercatat telah menewaskan 36 juta jiwa di seluruh dunia sejak pertama kali ditemukan.

7. Flu Burung

Flu Burung pertama kali terdeteksi pada angsa China di tahun 1996. Dikenal pula sebagai H5N1, virus ini pertama kali terdeteksi pada manusia di tahun 1997 selama wabah unggas di Hong Kong. Virus lantas menyebar ke 50 negara di Afrika, Asia, Eropa, sampai Timur Tengah. Menjangkiti unggas dan burung liar lainnya.

Saat itu, ada enam negara yang dianggap jadi endemik virus, yakni Bangladesh, China, Mesir, India, Vietnam, dan Indonesia. WHO mencatat, virus Flu Burung jenis H5N1 telah menjangkiti 861 orang di seluruh dunia dan menyebabkan kematian pada 455 orang hingga tahun 2019.

8. SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome)

Terjadi antara tahun 2002 - 2003. SARS disebabkan oleh CoronaVirus. Wabah ini berasal dari Provinsi Guangdong, China dan menjadi pandemi karena dalam waktu yang sangat singkat menyebar ke 26 negara di seluruh dunia.

9. Flu Babi

Flu Babi disebabkan oleh virus baru jenis H1N1 yang berasal dari Meksiko pada 2009, sebelum akhirnya menyebar hingga ke seluruh dunia. Total infeksi yang terjadi karena penyakit ini adalah 1,4 miliar orang dengan angka kematian dapat mencapai 500.000 ribu orang. Diperkirakan ada 60,8 juta kasus flu babi di dunia dengan 151.000 sampai 574.000 kematian. Flu Babi terjadi sekitar tahun 2009 - 2010.

10. MERS-CoV (Middle East Respiratory Syndrome CoronaVirus)

Virus MERS-CoV memicu wabah di Arab Saudi pada tahun 2012 dan Korea Selatan pada tahun 2015. Virus MERS termasuk dalam keluarga virus yang sama dengan SARS-CoV dan SARS-CoV-2, namun penyakit zoonosis ini berasal dari unta.

11. Ebola

Ebola ditularkan dari hewan liar (kelelawar buah, landak, dan primata non-manusia) ke manusia, lalu menyebar dengan transmisi antar manusia melalui kontak langsung dengan darah, sekresi, organ atau cairan tubuh lain dari orang yang terinfeksi, dan pada permukaan dan bahan-bahan (misalnya tempat tidur, pakaian) yang terkontaminasi dengan cairan terinfeksi ini.

Ebola pertama kali muncul di Sudan dan Republik Demokratik Kongo tahun 1976. Kasus pertama ditemukan pada tahun 2014 saat virus Ebola menginfeksi warga sebuah desa kecil di Guinea pada tahun 2014 dan menyebar ke beberapa negara tetangga di Afrika Barat, diantaranya Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Sekitar tahun 2013 - 2016 virus Ebola menyebabkan 11.325 kematian dari 28.600 orang yang terinfeksi.

(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT