UEA Resmikan Aturan 4,5 Hari Kerja Seminggu, Pertama di Dunia

ADVERTISEMENT

UEA Resmikan Aturan 4,5 Hari Kerja Seminggu, Pertama di Dunia

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 11 Des 2021 22:28 WIB
Shot of a handsome young businessman looking bored while working on a laptop in an office
UEA Jadi Negara Pertama yang Berlakukan Seminggu 4,5 Hari Kerja. Foto: iStock
Jakarta -

Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) secara resmi mengumumkan akan memberlakukan 4,5 hari kerja seminggu. Negara ini menjadi yang pertama di dunia melakukannya.

Mulai 1 Januari 2022, UEA akan memberlakukan jam kerja baru untuk semua entitas pemerintah Federal, dengan hari kerja Senin hingga Kamis mulai pukul 07.30 dan berakhir pukul 15.30, dan Jumat mulai pukul 07.30 hingga 12.00 siang.

Dalam tradisi Islam, Jumat dianggap hari paling istimewa dan suci. Khotbah dan salat Jumat akan diadakan di seluruh UEA pada pukul 13.15. Sementara itu, staf pemerintah akan memiliki fleksibilitas untuk membuat pengaturan bekerja dari rumah pada hari Jumat atau jam masuk berdasarkan waktu yang fleksibel.

Ada kabar baik juga untuk anak-anak. Surat kabar yang berbasis di Dubai, Khaleej Times, seperti dilihat Sabtu (11/12/2021) melaporkan bahwa sekolah dan universitas juga akan mengikuti aturan baru ini, sehingga semua kelas akan berakhir pada Jumat siang.

UEA yang merupakan federasi tujuh negara kota independen di sepanjang pantai timur Semenanjung Arab, termasuk Abu Dhabi dan Dubai, menyebutkan peralihan ini memiliki manfaat ekonomi. Akhir pekan yang lebih panjang akan membantu meningkatkan produktivitas dan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja.

Ada beberapa bukti bagus yang mendukung gagasan hari kerja lebih pendek dalam sepekan. Pada 2019, Microsoft Jepang menguji kerja empat hari seminggu selama sebulan dan melihat peningkatan produktivitas sebesar 40%.

Awal tahun ini, sebuah eksperimen sosial dilakukan di Islandia untuk menyelidiki pro dan kontra bekerja empat hari seminggu. Hasilnya ternyata positif. Orang-orang tak hanya merasa lebih bahagia, lebih sehat, dan tidak terlalu stres, nyatanya banyak tempat kerja menjadi lebih produktif.

Sebagian besar peserta melaporkan mereka memiliki lebih banyak energi untuk kegiatan lain, seperti bersosialisasi, berolahraga, dan hobi. Akhir pekan yang lebih panjang juga memungkinkan mereka punya lebih banyak waktu bersama keluarga atau teman, dan memudahkan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya.



Simak Video "Kejadian Langka, Banjir Melanda Uni Emirat Arab"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT