Fantastis! Tulisan Tangan Einstein Dilelang Seharga Rp 186 Miliar!

Fantastis! Tulisan Tangan Einstein Dilelang Seharga Rp 186 Miliar!

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 24 Nov 2021 20:35 WIB
albert einstein
Tulisan Tangan Einstein Dilelang dengan Harga Fantastis. Foto: Christie's
Jakarta -

Catatan tulisan tangan Albert Einstein untuk teori relativitas mencapai rekor harga fantastis, yaitu 11,6 juta euro atau setara Rp 186 miliar, dalam sebuah lelang di Paris pada Selasa (23/11).

Menurut Christie's, badan yang menggelar lelang ini, manuskrip tersebut menjadi karya tulis Einstein termahal yang pernah dijual.

"Tak diragukan lagi, ini adalah manuskrip Einstein paling berharga yang pernah dilelang," ujar juru bicara Christie's, seperti dikutip dari Live Science.

Dokumen itu dianggap istimewa, sebagian dikarenakan pokok bahasannya. Ditulis antara Juni 1913 dan awal 1914, manuskrip ini adalah upaya Einstein dan sahabatnya insinyur Michele Besso untuk menjelaskan misteri kosmik.

Catatan ini secara khusus menjelaskan bahwa jalur orbit Merkurius hanya sehelai rambut dari apa yang diprediksi oleh hukum gerak Isaac Newton, menggunakan ide dan persamaan yang pada akhirnya akan menjadi dasar teori relativitas Einstein yang kita kenal hingga sekarang.

Christie's merinci, sebanyak 26 halaman manuskrip itu ditulis tangan oleh Einstein, 24 halaman ditulis Besso, dan tiga halaman ditulis bersama oleh keduanya.

Tertera pula catatan pinggir yang sering menunjukkan setiap ilmuwan mengomentari karya orang lain, dalam satu kasus penting, Einstein mengomentari karyanya sendiri dengan menulis "stimmt!", bahasa Jerman yang artinya "berhasil!", di margin salah satu halamannya yang menggambarkan rotasi relatif bola.

Sayangnya, duo ilmuwan ini gagal menjelaskan perbedaan orbit Merkurius dalam naskah ini. Namun, persamaan yang mereka kembangkan mengarah langsung ke persamaan relativitas umum Einstein, yang masih digunakan untuk menggambarkan hubungan antar objek di ruang angkasa hingga hari ini.

Naskah itu juga luar biasa karena kelangkaannya. Menurut rumah lelang Christie's, Einstein jarang menyimpan draft tulisan dan korespondensinya sendiri. Besso, di sisi lain, melestarikan banyak karyanya dengan Einstein untuk anak cucu. Berkat Besso, manuskrip ini adalah salah satu dari hanya dua konsep yang masih ada yang menunjukkan dasar relativitas umum.



Simak Video "China Ungkap Hasil Deteksi Air di Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)