Planet Pertama di Luar Galaksi Bima Sakti Terdeteksi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 26 Okt 2021 19:45 WIB
Planet mirip Bumi
Ilustrasi exoplanet. Foto: NASA

Teleskop milik NASA, Chandra X-ray Observatory, mungkin telah menemukan untuk pertama kalinya planet yang berada di luar Galaksi Bima Sakti. Jika terkonfirmasi benar, maka planet ini ribuan kali lebih jauh jaraknya dari banyak exoplanet yang sejauh ini ditemukan.

Seperti dikutip detikINET dari Independent, exoplanet yang terlacak astronom masih berada di area Bima Sakti atau Milky Way. Artinya, hampir seluruhnya berjarak kurang dari 3.000 tahun cahaya dari Planet Bumi ini.

Exoplanet di luar galaksi ini, berada di galaksi tetangga Bima Sakti yang dinamakan sebagai M51 atau juga Whirlpool Galaxy. Jaraknya sendiri sekitar 28 juta tahun cahaya.

Para peneliti berdasarkan metode risetnya memperkirakan bahwa planet tersebut ukurannya mirip-mirip dengan Planet Saturnus. Kemudian, ia mengorbit bintang neutron atau Lubang Hitam dalam jarak dua kali lipat dari Saturnus ke Matahari.

Namun para peneliti ini mengakui masih membutuhkan data tambahan untuk memastikan obyek ini adalah benar-benar planet. Salah satu tantangannya adalah, orbit besar dari planet tersebut mungkin membuatnya tidak akan terdeteksi lagi sampai sekitar 70 tahun.

"Kami tahu bahwa kami membuat klaim yang menarik sehingga kami mengharapkan astronom yang lain akan menelitinya dengan hati-hati. Kami kira kami punya argumen yang kuat dan proses seperti inilah bagaimana sains bekerja," kata Julia Berndtsson, salah satu periset dari Princeton University.

Pada dasarnya, metode yang digunakan untuk melacaknya adalah metode transit. Lintasan sebuah planet di depan bintangnya akan memblokir sebagian cahaya dari binyang itu dan membuatnya meredup. Kejadian ini dapat terdeteksi oleh teleskop dari Bumi.

Sejak pertama kali ditemukan lebih dari seperempat abad lalu, jumlah exoplanet, planet di luar Tata Surya yang mengorbit bintang, mengalami pertumbuhan yang pesat. Laporan pada tahun 2019 menyebut jumlahnya sudah menyentuh angka 4.000 yang dicatat secara resmi. Kini, mungkin juga ada exoplanet di luar Galaksi Bima Sakti.

Simak Video "Kalau Wisata ke Planet Mars, Destinasinya Kemana Aja Ya?"
(fyk/rns)